Angkasa Pura 2

Kemenhub Lakukan Reformasi Kepemimpinan Berbasis Industri 4.0

SDMSelasa, 11 September 2018
Menhub reform

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan mulai melakukan reformasi pola kepemimpinan berbasis industry 4.0 di lingkungan Kementerian Perhubungan. Aksi tersebut dilakukan melalui kegiatan Reform Leadership Training yang dibuka oleh menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, Senin (10/9/2018).

Pelatihan kepemimpinan ini diharapkan dapat mencetak pemimpin-pemimpin masa depan yang menguasai teknologi dalam era digital sekarang ini. Diklat Reform Leadership Training diikuti 228 peserta  utusan terbaik dari masing-masing subsektor transportasi di Tanah Air.

Materi yang akan diberikan pada pelatihan ini dengan total durasi 53 jam, antara lain bidang hukum dan reformasi birokrasi perhubungan, logistic, multimoda dan keselamatan perhubungan. Kemudian di bidang  Sumber Daya Manusia (SDM) dan transportasi berkelanjutan, kepimpinan entrepreneurship, kepemimpinan transportasi nasional, inovasi sektor publik, manajemen inovasi dan leadership, organization service of excellence dan change management.

Dalam sambutannya Menhhub Budi Karya menyampaikan, Sektor Perhubungan memiliki peranan yang teramat strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peranan transportasi sebagai urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Menhub Budi Karya meminta sektor transportasi harus dapat menjalin konektifitas antar pulau bahkan antar negara, dan harus mewujudkan aksesibilitas ke seluruh wilayah tanah air Indonesia.

Karena peranannya yang sangat strategis, menurut Menhub,  segenap Sumber Daya Manusia Transportasi di tuntut memperkuat komitmen untuk memberikan kerja nyata dalam rangka mewujudkan transportasi yang aman, selamat dan nyaman.

Perwujudan transportasi yang aman, selamat dan nyaman, menurut Menhub, merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama, maka sebagai pelaksanaan tugas dan tanggung jawab tersebut, Kementerian Perhubungan secara terus menerus berupaya melakukan perubahan guna meningkatkan kualitas pelayanan di sektor transportasi dimana salah satu kunci keberhasilan tersebut adalah sumber daya manusia.

“Pengembangan kompetensi aparatur negara telah menjadi agenda penting Kementerian Perhubungan dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan, dan pembangunan,” papar Menhub.

Dia menambahkan, masalah ini menjadi lebih bernilai stratejik pada konteks jabatan struktural, mengingat kedudukan dan peranan mereka yang diharapkan dapat menjadi perancang, pendorong, inspirator, dan teladan dalam organisasi.(helmi)