Angkasa Pura 2

Di depan Mahasiswa UMB, Reza Ingatkan Untuk Pintar dan Bijak Gunakan Medsos

Another News Otomotif SDMRabu, 12 September 2018
IMG-20180912-WA0001

IMG-20180912-WA0000

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Hidup di era digital, bahkan sudah masuk revolusi 4.0 harus bijak menggunakan media sosial  (medsos). Manfaatkan produk iptek dan produk turunannya dengan cara dan tujuan yang baik.

“Kita harus cerdas dan hati-hati sebelum men-share suatu contens tertentu. Jangan sampai kita menjadi pabrik hoax dan merugikan kita sendiri,” kata Head of Corporate Comunication FIFGROUP Arief Reza Fahlevi, M.IKom pada acara Talk Show di PR Fair 2018 yang dihelat Hima PR, FIKOM Universitas  Mercu Buana (UMB) Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Menurut Reza, perkembangan iptek khususnya handphone pintar memudahkan kita berbuat sesuatu  dengan cepat, tepat dan berdampak luar biasa.

“Dengan konten yang baik, kita bisa menyebarkan informasi itu dan bisa mempengaruhi orang banyak dalam waktu cepat dan mudah,” kata jubir perusahaan pembiayaan sepeda motor Honda itu kagi.

Dengan sekali blast,  informasi kita mudah tersebar kemana-mana. Dan bisa mempengaruhi orang banyak. “Tapi itu kalau informasi baik dan benar,” jelas Reza.

Sebaliknya, jika informasi yang tak benar atau hoax serta ujaran kebentian (hate speech) yang kita lakukan akan berdampak negatif.

“Hati-hati, ini yang tidak boleh. Dan ingat ada jejak digital yang ditinggalkan dan bisa ditelurusi. Jika rekam jejak digital kita jelek,  bisa menghambat masa depan. Sulit mencari kerja, ditolak di masyarakat   bahkan tak mustahil bisa menjerumuskan ke delik pidana,” papar Reza.

Dia menambahkan, info hoax itu  akan merusak reputasi kita atau seseorang tertentu. Bahkan tidak mustahil hoax akan merusak dan menghancurkan kita sebagai bangsa.

Orang akan dengan mudah  melihat dan membaca perilaku kita dalam  menjalankan aktivitas medsos. Jika seseorang sudah mendapatkan “stigma  hitam”,  sebagai pabrik hoax atau hate speech akan sulit dihapus.

“Disinilah kita harus  cerdas dan bijak ber-medsos. Gunakan medsos untuk tujuan  baik, mambangun brand image bahkan membangun masa depan yang baik,” harap Reza.

Kehadiran iptek termasuk handphone pintar dan medsos dewasa ini harus dimanfaatka dan dikelola dengan baik  untuk tujuan  yang baik.

“Gunakan medsos untuk membangun brand image, meningkatkan reputasi dan prestasi kita di masa mendatang,” tandas Reza.(helmi)