Angkasa Pura 2

Gunakan B20, APM Beri Kemudahan Masa Perawatan kendaraan Anggota Organda dan Aptrindo

Koridor OtomotifRabu, 12 September 2018
IMG-20180912-WA0038

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Agen Pemagang Merk (APM) memberikan jaminan tertulis untuk perawatan kendaraan anggota Organda dan juga Aptrindo, pascapenerapan biodisel dengan campuran 20% (B20).

“Mereka sudah teken kesepakatan dan memberikan jaminan tertulis. APM memberikan jaminan perawatan selama masa garansi bagi kendaraan yang rusak akibat menggunakan B20 secara gratis,” kata Dirjen Hubdat Kemenhub Budi Setiyadi di Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Pihak APM menyiapkan bengkel-bengkel perawatan yang dalam jumlah cukup. “Selain itu, APM memberikan kemudahan waktu perawatan yang semula 15.000 km menjadi 10.000. Sedang kendaraan yang perawatan rutin 10.000 km menjadi 5.000,” jelas Dirjen Budi.

Dengan jaminan waktu perawatan yang dimajukan tersebut, lanjut Dirjen Budi, diharapkan tidak terjadi masalah. “Penggunaan B20 itu meruakan program pemerintah dan wajib dilakukan atau mandatory sifatnya,” papar Dirjen Budi.

Menurutnya, dari hasil uji coba penggunaan B20 terhadap kendaraan penumpang di BPLJSKB Bekasi, emisi gas buang yang dihasilkan masih dibawang ambang batas. “Artinya, penggunaan B20 tidak masalah,” kilah Dirjen Budi.

Sementara, masih akan dilakukan pengujian kembali khususnya pada kendaraan truk termaask mereka yang berusia tua. Kendaraan itu termask bus angkutan penumpang kini masih banyak beroperasi dan menggunakan Solar, bukan biosolar atau B20.

“BPLSJKB Bekasi akan kembali menguji penggunaan B20 untuk kendaraan truk. Semoga tidak ada masalah dan B20 bisa digunaan dengan baik dan selamat,” tandas Dirjen Budi.(helmi)