Angkasa Pura 2

Kejutan dan Semangat Peserta Transhub Challenge Menarik Perhatian Tim Juri

Litbang SDMRabu, 12 September 2018
IMG20180912102648

IMG_20180912_105628

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kejutan dan semangat peserta lomba Transhub Challenge Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Balitbanghub) memoresentasikan inovasinya menarik perhatian tim juri.

Salah satunya pada peserta di kategori umum dengan beberapa Dewan Juri diantaranya Elly Adriani Sinaga dan Kepala Pusat Penelitian Transportasi Jalan dan Kereta Api Fardinsyah.

Diantaranya adalah peserta yang mempresentasikan Kargo-In berupa aplikasi manajemen pengiriman barang berbasis web.

Selanjutnya I-TDS berupa membangun aplikasi berbasis web untuk mendigitalisasi kendaran yang melintas di jalan, dan Jakarta (bike) Hub berupa aplikasi berbasis smartphone untuk penyewaan sepeda.

“Ini menarik dan agar selanjutnya dapat diimplementasikan,” tutur Elly di Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Dalam tanya jawab, para juri juga tajam menggali ide dan inovasi yang akan menjadi jawaban para peserta lomba Transhub Challenge.

Salah satu peserta Albertus Arifin yang menggelontorkan inovasi Jakarta (bike) Cycle menyatakan bahwa sudah saatnya menyiapkan sarana transportasi alternatif yang ramah, mudah, dan murah.

“Dengan sepeda menjadi alternatifnya. Dengan memperluas ruas jalan, maka tidak menjamin kemacetan hilang, karena kendaraan juga akan semakin bertambah,” ujarnya.

Sedangkan Yuliana Zahra dengan Kargo-In mengemukakan bahwa dengan inovasi yang sudah dijalankan hampir satu tahun ini, akan meningkatkan kemudahan masyarakat mengirim barang.

“Dengan kargo-in, barang yang biasanya diantar dua minggu, bisa hanya 3,5 jam saja,” ungkap dia.

Dwi Arrysandi dengan presentasi I TDS menegaskan bahwa dari CCTV sudah bisa menjadi modal sebagai Big Data.

“Apa yang direkam diolah dan dapat menjadi big data untuk memperbaiki sistem transportasi,” katanya. (omy)

loading...