Angkasa Pura 2

Disetujui Kemenristek Dikti, API Banyuwangi Segera Berdiri dengan Dua Prodi

SDMKamis, 13 September 2018
API Banyuwangi

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbang (BP3) Banyuwangi akan segera berubah menjadi Akademi Penerbangan Indonesia (API) Banyuwangi. API Banyuwangi akan diresmikan dan siap membuka dua program studi (prodi).

Kementerian Ristek dan Dikti melalui surat No.188/M/IX/2018 tanggal 7 September 2018 telah menyetujui surat dari Menhub Budi Karya Sumadi untuk mendirikan API Banyuwangi sebagai perubahan dari lembaga lama BP3 Banyuwangi.

Kampus penerbangan BP3 Banyuwangi siap membuka dua Program Studi (Prodi), yaitu Prodi Penerbang Sayap Tetap, dan Prodi Penerbang Sayap Putar.

Kepala BP3 Banyuwangi Afen Sena, S.SiT, M.Si mengatakan, pihaknya siap berubah menjadi lembaga baru yaitu API Banyuwangi. Berbagai persiapan teknis dan nonteknis sudah dilakukan, mulai persiapan, usulan sampai visitasi Tim Kemenrestik Dikti datang dan melakukan verifikasi BP3 Banyuwangi.

“Kampus penerbangan ini didukung instruktur pilot andal, serta asrama, lab penerbangan dan perpustakaan yang cukup memadahi,” jelas Afen menyakinkan.

“Sejauh ini, sudah beberapa batch pilot diluluskan  dari BP3 Banyuwangi. Mereka itu termasuk siswa beasiswa dari Pemkot Surabaya serta beasiswa bagi putra-putri Papua dan Papua Barat,” kata Afen menjawab BeritaTrans.com.

Kini, mereka sudah bekerja di berbagai maskapai, penerbangan nasional termasuk Citilink Indonesia dan lainnya, bahkan menjadi aparatur di DKPPU Ditjen Perhubungan Udara RI.

“Kampus BP3 Banyuwangi  berada di kompleks Bandara Belimbingsari, Banyuwangi, Jawa Timur. Kampus milik sendiri, lengkap dengan ruang kelas, lab, asrama termasuk saran dan fasilutas fitness bagi taruna penerbang,” tandas Afen.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari