Angkasa Pura 2

Pemenang Transhub Challenge Kemenhub, Ayo Cek di Sini

Litbang SDMKamis, 13 September 2018
IMG-20180913-WA0015

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dilaunching langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada 28 Febuari 2018 saat ini, kompetisi Transhub Challengegelaran Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Perhubungan telah memasuki tahap final.

Dari total 214 ide bisnis setelah melalui proses seleksi yang Panjang saat ini telah terpilih tiga pemenang terbaik baik dari kategori mahasiswa maupun kategori umum yang ini melahirkan ide segar bagi sektor transportasi.

Dari kategori mahasiswa antara lain:

Pemenang pertama adalah Prasetyo (39 Tahun, Institut Teknologi Sepuluh November asal Jakarta Barat) – SharC, SharC atau Sharing Capacity bertujuan untuk memanfaatkan ruang kapasitas dari aset yang dimiliki oleh seseorang atau organisasi baik aset fisik secara langsung atau kapasitas yang didapatkan dari layanan lain untuk bisa dioptimalkan dalam aktifitas transportasi seperti pengiriman barang atau perpindahan penumpang.

Pemenang kedua, Arif Riansyah (21 Tahun, Institut Teknologi Sepuluh Nopember ASAL Jakarta Timur), Edrian Hamidjaya (22 Institut Teknologi Sepuluh Nopember asal Jakarta Timur) – CONsecure yang merupakan aplikasi berbasis perangkat elektronik untuk membantu proses perizinan dan kelengkapan dokumen pendukung dalam industry pelayaran khususnya pada proses bongkar dan muat.

Pemenang ketiga yakni Hibatul Ghazi (20 Tahun, Universitas Gajah Mada, asal Yogyakarta), Arfinda Ilmania (21Tahun, Universitas Gajah Mada asal Jawa Tengah) – Nitih-Nitih yang merupakan aplikasi berbasis smartphone untuk membantu penumpang difabel mengakses informasi sarana dan prasarana transportasi beserta kontak bahaya.

Dari kategori umum pemenangnya adalah:

Pemenang pertama: Munawir Bangsawan (29) Sulawesi Selatan, Reslyana Dwitasari (39) Jakarta Timur dengan judul Log-In. Log-In atau kependekan dari Logistik Indonesia merupakan layanan aplikasi sinergi penyedia jasa logistic di Indonesia dengan model layanan end to end menggunakan kereta api barang sebagai moda utamanya.

Pemenang kedua: Farisya Adzkia (24 Tahun, PT Bahasa Kinerja Utama asal Jawa Barat) Presteniko Septi Rahadian (26 Tahun, PT Bahasa Kinerja Utama asal Jakarta Selatan), Izzul Haq Al Hakam (26 Tahun, PT Bahasa Kinerja Utama asal Jawa Tengah) – Trainsity, Aplikasi smartphone yang bias digunakan oleh penumpang KRL untuk mengetahui kepadatan gerbong kereta, sehingga penumpang dapat memilih gerbong atau menggunakan kereta selanjutnya.

Pemenang ketiga adalah Ridho Irawan (30 Tahun, Mata Garuda asal Banten), Andika Priyandana (36 Tahun, Mata Garuda asal Jawa Tengah), William Tansil (28 Tahun Mata Garuda asal Banten) – Mata Garuda, Aplikasi Big Data yang mengumpulkan (crawling) data dengan bantuan perangkat keras satelit dan alat yang melekat disarana transportasi (IoT)).

Para pemenang ini menurut Sekretaris Badan Litbanghub Rosita Sinaga mewakili Kabadan Litbanghub dalam Eorkshop Learning Experience menyebutkan bahwa sebelumnya para peserta telah mempresentasikan ide bisnis mereka di depan para juri yang hadir.

“Mereka berhasil menyingkirkan tujuh dari 10 peserta yang lolos pada masing-masing kategori. Dimana masing-masing peserta diberikan waktu hanya 10 menit untuk melakukan presentasi ide bisnis yang mereka usung,” jelasnya di Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Dia menegaskan bahwa dari seluruh finalis, tidak ada yang kalah, namun pasti ada yang terbaik dari yang baik. (omy)

loading...