Angkasa Pura 2

Kemenhub Dorong Pelaut Miliki Kompetensi

Dermaga SDMJumat, 14 September 2018
IMG-20180914-WA0027

SURABAYA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Perkapalan dan Kepelautan mendorong agar pelaut memiliki kompetensi.

Peningkatan kompetensi dilakukan dengan mengikuti Diklat dan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar. Pengembangan kompetensi tersebut diantaranya dilakukan terhadap para pelaut kapal tradisional di wilayah Jawa Timur.

Ditjen Perhubungan Laut bersama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya menyelenggarakan diklat pemberdayaan masyarakat Basic Safety Training (BST) KLM dan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) 30/60 mil sebagai agenda rutin secara berkala.

“Diklat ini untuk membimbing awak kapal agar memahami dan mengerti tentang keselamatan jiwa dalam pelayaran di laut yang dibuktikan dengan sertifikat kecakapan,” jelas Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Dwi Budi Sutrisno, Jumat (14/9/2018).

Salah satu aspek penting dalam keselamatan pelayaran adalah kelaiklautan kapal. Kelaiklautan kapal sangat ditentukan tidak hanya oleh beragam aspek hukum dan teknis yang berkaitan dengan rancang bangun, elektronika, dan permesinan kapal, tetapi juga kompetensi awak kapal.

“Kompetensi yang baik dan memadai dari awak kapal akan mendukung keselamatan pelayaran. Seorang awak kapal harus meningkatkan kompetensinya berdasarkan regulasi yang berlaku agar dapat mewujudkan keselamatan pelayaran,” urainya.

Kesadaran dan pemahaman awak kapal terhadap pentingnya peningkatan kompetensi atau kemampuan dalam bertindak di atas kapal juga senantiasa ditingkatkan dan disosialisasikan.

“Keselamatan pelayaran tidak hanya memerlukan peran Pemerintah sebagai regulator tetapi juga peran-serta masyarakat sebagai operator,” ungkapnya.

Selain Diklat, berbagai Bimtek juga terus dilaksanakan Ditjen Perhubungan Laut untuk meningkatkan kompetensi personel pelayaran. (omy)

loading...