Angkasa Pura 2

CONsecure Bawa Arif dan Edrian jadi Juara 2 Transhub Challenge

Litbang SDMSabtu, 15 September 2018
IMG-20180913-WA0026

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Tema dengan judul CONsecure, telah membawa dua mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November menjadi juara 2 di lomba Transhub Challenge Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Balitbanghub).

Mereka adalah Arif Riansyah (21 Tahun) dan Edrian Hamidjaya (22) yang menyajikan inovasi CONsecure yang merupakan aplikasi berbasis perangkat elektronik untuk membantu proses perizinan dan kelengkapan dokumen pendukung dalam industri pelayaran khususnya pada proses bongkar dan muat.

“Ini merupakan aplikasi anti ribet dalam pengurusan dokumen kapal,” ujar Arif di Jakarta.

Dia memaparkan bahwa ada tiga hal tujuan dari aplikasi CONsecure ini. Diantaranya adalah transparansi data, kemudahan administrasi, dan peningkatan kontrol.

Mahasiswa jurusan perkapalan dan teknik industri itu menyampaikan bahwa aplikasi ini dapat digunakan di personal computer (PC), smartphone, dan tablets. Dengan begitu memudahkan siapa saja untuk terhubung.

“Costumer segment nya adalah para pemilik kapal, beacukai, dan KSOP atau Syahbandar,” tambah Edrian.

Keduanya mengaku mewujudkan ide brilian ini dengan menghabiskan waktu liburan semester kemarin. Saat memeroleh informasi adanya lomba Transhub Challenge, mereka tertarik dan langsung bersinergi untuk inovasinya.

Arif dengan polosnya mengaku bahwa hadiah dari lomba yang diikutinya ini, antara lain untuk membeli vocer game, yang langsung mendapat riuh tawa dan tepuk tangan. Selamat buat generasi milenial yang konsen pada urusan transportasi. (omy)

loading...