Angkasa Pura 2

Prasetyo Juara I Transhub Challenge Bidik Inovasi Pemanfaatan Ruang Kapasitas

Litbang SDMSabtu, 15 September 2018
IMG-20180913-WA0021

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Musimnya pengiriman barang dengan lebih cepat dan hemat kian ramai dibidik berbagai kalangan sebagai potensi bisnis baru.

Memerhatikan tingginya biaya logistik menjadi tantangan tersendiri bagi Prasetyo (39), mahasiswa S2 Institut Teknologi Sepuluh November asal Jakarta Barat yang baru saja meraih juara I untuk kategori mahasiswa pada lomba Transhub Challenge Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Balitbanghub).

Mengambil tema dengan judul SharC, SharC atau Sharing Capacity, memiliki tujuan memanfaatkan ruang kapasitas dari aset yang dimiliki oleh seseorang atau organisasi baik aset fisik secara langsung atau kapasitas yang didapatkan dari layanan lain untuk bisa dioptimalkan dalam aktifitas transportasi seperti pengiriman barang atau perpindahan penumpang.

“Saya bagi dalam tiga macam pilihan yakni, sharing passenger, sharing baggage, dan sharing cargo,” jelas Prasetyo di Jakarta.

Terkait moda transportasinya, dia menguraikan bahwa itu bisa dilakukan oleh multimoda. Mulai dari mobil, kereta api, kapal laut, dan pesawat terbang.

“Kami konsen untuk dapat menurunkan biaya, karena selama ini dari data yang saya peroleh, sebesar 23 persen dari konsumsi rumah tangga adalah untuk sektor transportasi,” ungkapnya.

Sedangkan di negara-negara maju, jumlahnya hanya mencapai 10 persen saja sektor transportasi yang digunakan pada konsumsi rumah tangga.

Potensi implementasi SharC kata Prasetyo juga cukup besar, karena ada 60 juta UMKM yang perlu pengiriman barang. Dengan adanya SharC, maka dapat menghemat biaya cukup besar.

“Keuntungan kompetitif dari SharC ini adalah sharing price, mode secure, direct service, capacity optimazed, sharing bagage, dan brand,” katanya.

Dia optimisme bahwa dari keprihatinannya pada biaya tinggi dan banyaknya ruang kosong pada moda trasportasi ini, inovasinya dapat menjadi salah satu solusi yang menarik dan menguntungkan. (omy)

loading...