Angkasa Pura 2

Makin Baik, Dirjen Hubdat Tawarkan Beberapa Terminal ke Swasta dan BUMN Berinvestasi

Ekonomi & Bisnis KoridorSelasa, 18 September 2018
IMG-20180918-WA0011

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendorong pihah swasta  atau BUMN/ BUMD  masuk investasi di terminal di Tanah Air.

“Kondisi terminal di Indonesia sudah makin baik, terutama yang tipe A. Pelaku usaha bisa joint dan menanamkan modalnya di terminal kita,” kata Dirjen Hubdat Budi Setiyadi kepada BeritaTrans.com di Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Saat ini, lanjut dia sudah ada inevstor teken kontrak dengan swasta di Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah. “Langkah ini diharapkan bisa mengunspirasi terminal lain di Indonesia,” jelas Dirjen Budi.

Dari catatan Ditjen Hubdat, papar dia, ada  delapan terminal lain yang sudah diminati swasta. Mereka itu antara lain Terminal Klaten, Terminal Bawen,  Terminal Semarang Mangkang, Terminal Cirebon dan lainnya.

“Sebenarnya banyak lagi yang layak ditawarkan ke investor. Banyak hal bisa dibangun dan diberdayakan di terminal seperti sebagai kawasan bisnis, mall dan lainnya,” sebut Dirjen Budi.

Dia memberikan ilustrasi, kalau di Bandara Soetta dan Stasiun Gambir bisa membangun kawasan bisnis bahkan hotel, maka di terminal juga bisa dilakukan hal serupa.

Membangun kawasan bisnis atau mall ke depan, menurut Dirjen Budi,  hampir tak bisa lagi dilakukan di tengah kota.

“Sementara, banyak terminal di pinggiran kita yang masih luas serta bisa membangun mall disana. Tidak macet  serta nilai tambah lainnya,” tandas Dirjen Budi.(helmi)

loading...