Angkasa Pura 2

Presiden Jokowi Dukung Penggunaan B20 di Sektor Transportasi

Energi Koridor OtomotifSelasa, 18 September 2018
balai kartini

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa Presiden RI Jokowi sudah melakukan beberapa kali diskusi terkait penggunaan bahan bakar solar dengan campuran 20% atau B20 secara efektif.

Saat ini pada bus dan kapal sudah digunakan terhitung mulai 1 September 2018 silam. Saat ini, bus dan truk angkutan barang sudah menggunakan BBM B20.

“Presiden sudah melakukan tiga kali diskusi tentang bagaimana kita endorse penggunaan B20 dengan efektif. Untuk kapal ada yang gunakan B100 jadi semuanya dari minyak sawit mentah,” kata Menhub di Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Seperti diketahui,  Ditjen Hundat bersama pelaku usaha dan assosiasi seperti APM, Organda, Aptrindo  sepakat mendukung program pemerintah dan siap menggunakan BBM B20.

Bukan hanya itu, kata Dirjen Hubdat Budi Setiyadi, APM memberikan jaminan tertulis kepada Organda dan Aptrindo terkait perawatan  kendaraa  pascapwmenggua  B20.

“Secara prinsip yak masalah dan mereka akan menggunakan B20 di kendarannya,” kata Dirjen Budi.

Penggunaan B20 merupakan program pemerintah yang baik dan perlu didukung. Dengan mengonaumsi B20, maka ketergantungan pada BBM fosil akan berkurang.

Impor BBM bisa dikurangi dan secara tak langsung akan memperkuat daya tahan RI dan krisis pelemahan rupiah akan bisa diatasi.(helmi)