Angkasa Pura 2

Sesuai RUEN, Kemenhub Ikut Berkontribusi Dalam Pengembangan Mobil Listrik

Energi Koridor OtomotifSelasa, 18 September 2018
balai kartini

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), kontribusi Kementerian Perhubungan dalam Percepatan Program Pemanfaatan Listrik untuk transportasi termasuk mengembangkan kendaraan listrik atau hibrida.

“Dalam RUEN kontribusi Kementerian Perhubungan akan mengembangkan Percepatan Program Pemanfaatan Listrik tahun 2025 sebanyak 2.200 unit untuk 4-roda dan 2,1 juta unit untuk kendaraan 2 roda,” kata Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, Selasa (18/9/2018).

“Selain itu, meningkatkan secara bertahap jumlah mobil listrik untuk angkutan umum menjadi 10% dari total populasi mobil angkutan umum perkotaan pada 2025,” jelas Menhub

Emisi Kendaraan

Meningkatnya jumlah kendaraan menyebabkan degradasi kualitas udara. Diperlukan peraturan dalam kerangka kebijakan standar emisi kendaraan.

“Kebijakan yang tepat untuk memecahkan masalah melalui pengadaan kendaraan dengan tenaga listrik dan berbagai efisiensi yang dilakukan,” tukasĀ  Menhub.

Presiden Republik Indonesia pun mendorong melalui Program Nawacita. “Ada upaya yang sedang dilakukan yaitu membuat mobil dan motor listrik namun saat ini faktor harga masih tinggi dan adanya keterbatasan penggunaan listrik,” jelas Menhub lagi.

Efisiensi yang kita lakukan seperti pelaksanaan ganjil-genap yang mengurangi kemacetan secara nyata dan CO2 berkurang 20 persen sehingga masyarakat mendapatkan udara segar,” papar Menhub dalam acara Indonesia Energy Efficiency and Conservation Conference & Exhibition 2018.(helmi)

loading...