Angkasa Pura 2

Servo Railway Mulai Bangun Rel KA Khusus Batu Bara November 2018

EmplasemenRabu, 19 September 2018
KA Batu Bara

JAKARTA (beritatrans.com) – Servo Railway berencana memulai konstruksi pembangunan proyek kereta api khusus batu bara Sumatera Selatan pada November 2018.

“Proyek kereta api khusus batu bara di Sumatera Selatan ini merupakan proyek strategis yang akan memberikan andil besar dalam menggerakkan perekonomian nasional, khususnya di sektor energy,” kata Corporate Secretary Servo Railway Sidik Pramono, melalui keterangan tertulis yang diterima beritatrans.com dan aksi.id di Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Hari ini, Servo Railway mengadakan konsolidasi rencana tersebut di Desa Menanti, Kecamatan Lubai, Kabupaten Muara Enim. Hadir pada acara tersebut Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Alex Noerdin dan para pihak terkait seperti PT Kereta Api Indonesia, PT Bukit Asam, dan PT Pembangunan Perumahan (PP) yang akan bertindak sebagai calon kontraktor utama proyek tersebut.

Konsolidasi dilakukan antara Servo Railway dalam kerangka kesepakatan awal dengan para calon kontraktor utama, subkontraktor, maupun vendor dari dalam dan luar negeri. Sebagai symbol kolaborasi, pada acara tersebut telah dipasang rel jalur ganda (double track) sepanjang satu kilo meter.

Servo Railway akan membangun kereta api khusus sepanjang 150 km, dengan wilayah operasional meliputi Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Lahat, dan Kabupaten Ogan Ilir.

Pembangunan tersebut akan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama berupa sistem jalur ganda (double track) yang ditargetkan beroperasi pada akhir tahun 2020 dan bakal ditingkatkan menjadi jalur ganda rangkap (double double track) dengan target beroperasi pada akhir tahun 2024.

Servo Railway menargetkan bisa mengangkut batu bara milik perusahaan afiliasi sebanyak 50 juta ton pada tahun pertama operasi. Jumlah tersebut secara bertahap akan ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan energy batu bara ke depan. Dengan jalur ganda rangkap, kapasitas angkut Servo Railway mampu mencapai 200 juta ton batu bara per tahun.

Wilayah Sumatera Selatan memiliki sekitar separuhdari total sumber daya batu bara Indonesia. Di tiga kabupaten saja, yakni Muara Enim, Lahat, dan Ogan Ilir, tercatat tidak kurang dari 21 miliar ton potensi sumber daya batu bara. (aliy)

loading...