Angkasa Pura 2

Pola Rekruitmen Diubah, 150 Lulusan STPI Langsung Diterima  Tiga BUMN Ternama

SDMJumat, 21 September 2018
IMG-20180921-WA0001

 

IMG-20180921-WA0003

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sebanyak 150 dari total 251 perwira  lulusan STPI Curug yang ikuti wisuda terpadu, Kamis (20/9/2018) sudah diterima bekerja di tiga BUMN, yaitu Perum AirNav Indonesia, PT Angkasa Pura (AP) I dan AP II.

“Selebihnya segera menyusul dan akan ikut proses rekruitmen dari berbagai instansi pemerintah, BUMN atau swasta di Tanah Air,” kata Ketua STPI Capt. Novyanto Widadi, MM, S.AP menjawab BeritaTrans.com di Jakarta, Kamis.

Dikatakan, pihaknya juga mengusulkan perubahan  pola rekruitmen  terutama di tiga BUMN yang selama ini menjadi mitra strategis STPI Curug. Proses rekruitmen susah dilakukan  sebelum mereka lulus dan meninggalkan kampus STPI.

“Ia memohon kepada ketiga BUMN tersebut agar pola rekrutasi itu dirubah sebelum wisuda. Calon wisudawan sudah mengikuti tes, sehingga sebelum wisuda dimulai telah dikantongi nama-nama lulusan yang diterima menjadi pegawai mereka,” jelas Capt. Novy, sapaan akrab dia.

Jadi pola rekruitmennya calo pegawai yang kita rubah,  dan berkoordinasi dengan stakehoklder, yakni Angkasa Pura I, Angkasa Pura II dan AirNav Indonesia.  “Alhamdulillah mereka bisa menerima usulan kita,” aku Capt. Novy.

“Selain itu, STPI  kerja sama  dan memberdayakan corp alumni atau IAC yang kini tersebar di berbagai perusahaan. Mereka rata-rata sudah punya jabatan diminta membantu penyerapan para lulusan terbaru ini,” jelas Capt Novy.

Ketika mereka lulus dan wisuda, mereka langsung diterima sebagai pegawai. Syarat yang belum diterima hanya ijazah. Kalau lisensi kompetensi dan kemempuan lainnya sudah. Dengan sistem seperti ini,   akan lebih menghemat waktu bagi smeua pihak dan ada kepastian juga bagi lulusan,” kilah Capt. Novy.

Jalin Tiga BUMN

Namun ia menyebutkan, saat ini penyerapan lulusan tersebut baru bekerja sama dengan AP I, AP II dan Perum AirNav. Sementara, pihak STPI belum bisa menggandeng maskapai untuk lulusan penerbang.

Khusus untuk penerbang, setelah ini mereka mengikuti diklat penambahan kompetensi seperti yang telah dilakukan sebelumnya terhadap 45 lulusan D2 Penerbang STPI.

Mereka akan digodog lagi untuk dibekali dua kompetensi, yakni Airline Transport Pilot License (ATPL) Ground dengan multi-engine atau simulator (tipe rating A320/ B737NG).

“Dengan begitu, mereka (penerbang lukusan STPI) sudah siap masuk kerja sesuai rating yang dipersyaratkan pihak maskapai;” tandas Capt. Novy.(helmi)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari