Angkasa Pura 2

STIP Jakarta Kampus Matra Laut Yang Kirim Wisudawan Terbanyak di Tahun 2018

SDMMinggu, 23 September 2018
FB_IMG_1537667422843

IMG-20180923-WA0000

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP)  Jakarta  menjadi kampus matra laut yang paling banyak mengirimkan perwira yang ikut  Wisuda Terpadu Perwira Transportasi BPSDMP Tahun 2018 di Silang Monas, Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Pada perhelatan tahun terbesar BPSDMP itu,  STIP Jakarta mengirimkan 308 perwira yang ikut diwisuda langsung oleh Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, didampingi  Menhub Budi Karya Sumadi dan Kepala BPSDMP Umiyatun Hayati Triastuti.

Bukan hanya itu, salah satu lulusan terbaik STIP atas nama Fadhilah Mursyid dari Prodi D-IV KALK STIP Jakarta menjadi salah satu dari tiga wisudawan terbaik dan mewakili koleganya yang diwisuda secara langsung oleh Inspektur Upacara yaitu Menko Kemaritiman Luhut B.Pandjaitan.

Untuk matra laut,  juga mengirimkan perwira terbaiknya, masing-masing  Poltekpel Surabaya 235 perwira, PIP Semarang sebanyak 217 perwira,  BP2IP Sorong, Papua sebanyak 164 perwira,  BP2IP Tangerang 87 perwira, dan BDP Minahasa Selatan sebanyak 52 perwira.

Ketua STIP  Jakarta Capt. Marihot Sumanjuntak, MM kepada BeritaTrans.com membenarkan salah satu wisudawan terbaik berasal dari STIP. Dia beruntung mewakili ratusan perwira matra laut termasuk almamater STIP Jakarta.

“Dialah Fadhilah Mursyid dari Prodi KALK tahun 2018. Kalau selama ini lulusan terbaim STIP dari Prodi Nautika atau Teknika, tahun ini lulusan terbaik dari KALK,” kata Capt Marihot.

Dia menambahkan, pergeseran lulusan terbaik tersebut merupakan indikasi baik. “Kualitas diklat di STIP baik Nautika, Teknika dan KALK cukup baik dan merata,” papar Capt. Marihot.

Tugas kita ke depan, sebut alumni AIP XXVIII itu, bagaimana menjaga dan meningkatkan kualitas  diklat itu di masa mendatang. “Kampus STIP bertekad menjadi kampus pelaut ternama di Indonesia dan dunia,” tukas  Capt. Marihot.

IMG-20180920-WA0002

Direkrut Perusahaan

Seperti selama ini terjadi, aku Capt. Marihot puluhan  lulusan  STIP Jakarta akan langsung bekerja dan direkrut di perusahaan tempat dia praktik laut (prala) sebagai cadet.

“Selama berlayar, para cadet STIP bekerja dengan baik dan begitu turun langsung teken kontrak kerja. Setelah lulus  dan mendapatkan ijazah pelautnya langsung bekerja. Jumlahnya mencapai puluhan orang,”  sebut Capt. Marihot.

Perusahaan pelayaran yang menampung lulusan terbaik STIP  itu antar lain Anthony Veder (Belanda), MOL (Jepang) serta beberapa perusahan lokal seperti SPIL, Meratus dan lainnya.

Sementara, PT Pertamina Pelayaran biasanya akan kembali datang ke kampus  dan merekrut para mantan cadet yang berkinerja baik selama setahun berlayar mengikuti prala.  Bagi lulusan terbaik dan lolos seleksi, mereka akan  bekerja di BUMN Migas itu.(helmi)

loading...