Angkasa Pura 2

Perum DAMRI Bisa Layani Angkutan Logistik Sekaligus Dukung Tol Laut

Ekonomi & Bisnis KoridorSelasa, 25 September 2018
IMG-20180925-WA0027

IMG-20180925-WA0023

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Untuk mendukung kelancaran logistik, Perum DAMRI dapat melirik ikut serta membuka bisnis angkutan logistik.  Termasuk di kawasan Kabupaten Merauke, Papua.

“Terutama setelah ada Tol Laut (DAMRI) dapat meneruskan logistik tersebut diangkut dengan cepat ke daerah penyangga yang mayoritas daerah  pemukiman transmigrasi,” kata Kepala Lab Transportasi Unika Soegijopranoto Semarang Djoko Setijowarno kepada BeritaTrans.com di Jakarta, Selasa (25/9/2018).

Dia menambahkan, angkutan penumpang dan logistik bisa dilakukan Perum DAMRI  hingga pelosok negeri. Beberapa daerah di kawasan perbatasan NKRl di kawasan timur Indonesia  seperti Merauke sudah dilayani Perum DAMRI.

Tidak semua jalan bisa di Kabupaten Merauke, Papua yang dilewati angkutam umum termasuk bus Perum DAMRI  mulus terutama saat musim hujan. Kondisi jalan di Papua Selatan tidak seperti daerah lain.

“Oleh karenanya, pilihan jenis kendaraan harus jadi pertimbangan para operator termasuk DAMRI,” papar  Djoko Setijowarno.

Dikatakan, pernah ada layanan Bus DAMRI  rute Merauke-Boven Digul tahun 2006, namun sekarang sudah ditutup. Selain belum untung,  juga kondisi infrastruktur jalan yang buruk.

“Dengan kondisi jalan yang sekarang sudah semakin membaik, rute ini perlu dipertimbangkan untuk diaktifkan kembali sekaligus memperkuat akutan logistik dan tol laut yang sudah ada,” tandas Djoko.
(helmi)

loading...