Angkasa Pura 2

Industri Maritim Nasional Harus Tingkatkan Penggunaan Komponen Lokal

Dermaga LitbangRabu, 26 September 2018
IMG-20180926-WA0017

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Jatuh bangunnya industri dalam negeri termasuk di bidang perkapalan, salah satunya karena masih tingginya komponen  impor. Selama ini, kandungan impor dalam industri maritim cukup tinggi, dan ini harus dicarikan solusinya.

“Dengan industri yang komponen impornya tinggi, tentu sangat riskan. Saat kurs dolar AS menguat,  industri lokal akan kelimpungan,” kata Kabalitbang Perhubungan Sugihardjo pada Foscus Group Discussion tentang  TKDN Industri Maritim di Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Menurutnya industri di dalam negeri harus terus meningkatkan penggunaan komponen lokalnya. TKDN harus dioptimalkan. Selain tak riskan krisis global, juga bisa  mendorong pengembangan industri komponen   dalam negeri.

Tingkatkan Efisiensi

“Industri dalam negeri termasuk sektor maritim juga  harus meningkatkan efsiensinya. Tingkatkan TKDN yang lebih bersahabat, sehingga harga produknya biaa bersaing dan industri tetap eksis ditengah krisis global sekalipun,” papar Jojo, sapaan akrab Kabalitbang itu.

Menurutnya dalam industri tidak mengenal kebangsaan. Tapi siapa yang efisien dan harga murah itu yang diambil. “Masalahnya kini, bagaimana industri pendukung dalam negeri Indonesia bisa berkembang lebih kuat,” tanya Jojo diplomatis.

Dia menyontohkan, industri pesawat terbang Boeing di AS, ternyata tak semua komponennya dibuat di Negeri Paman Sam itu. “Bisa dibuat di Jepang, Mexico dan lainnya,” papar Jojo.

Anggota Iluni itu meminta, semua komponen  bangsa ini mendorong dan mendukung pengembangan industri di dalam negeri. “Industri maritim nasional akan kuat dan maju jika didukung industri komponen lokal serta SDM yang andal,” terang Jojo.

Pemerintah dengan program Tol Laut yang besar akan menjadi potensi yang menjanjikan bagi industri maritim nasional.  Indonesia sebagai negara maritim besar selayaknya mempunyai industri meritim yang kuat pula.(helmi)

“Melakui FGD ini, mari kita bangkitkan industri nasional termasuk di sektor maritim. Dengan industri yang baik dan  komponen lokal tinggi, akan baik dan tak terlalu rentak dengan gejolak kurs dalar AS sekalipun,” tegas Jojo.(helmi)