Angkasa Pura 2

Tingkatkan TKDN Industri Maritim, Jojo: Semua Sektor Harus Berkontribusi  Termasuk Kementerian Perhubungan

LitbangRabu, 26 September 2018
IMG-20180926-WA0020

IMG-20180926-WA0001

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Balitbang Perhubungan, Kementerian Perhubungan  menggelar Focus Group Discussion (FGD) mengangkat tema Kesiapan Industri Galangan Dalam Pembangunan Kapal Dengan Penggunaan Komponen Dalam Negeri.

FGD dilaksanakan di Jakarta, Rabu (26/9/2018). Acara dibuka oleh Kabalitbang Perhuhungan Sugihardjo dan dihadiri para peneliti, praktisi serta pengamat maritim di Tanah Air.

“FGD ini diangkat untuk mencari masukan khususnya dalam mendorong peningkatan tingkat komponen dalam negeri  (TKDN) khususnya dalam industri dalam negeri. Berapa TKDN  yang adil dan bagimana bisa mendorong pengembangan industri nasional,” kata Sugihardjo dalam pidato pengantar  diskusi.

Menurutnya, tak ada kebijakan yang plural dan bisa berlaku untuk semua sektor. Oleh karena itu, semua sektor terkait harus berkontribusi  termasuk Kementerian Perhubungan dalam industri perkapalan  dalam negeri.

Jojo menambahkan, kebijakan khususnya terkait dengan  TKDN adalah kebijakan fiskal (fiscal polecy) yang bagus dan didukung semua pihak.

“Indistri perkapalan dalam negeri harus maju dan mendorong kengenbangn industri terkait di dalam  negeri Indoneia,” tandas Jojo.(helmi)