Angkasa Pura 2

Operator Bus Maut di Cikidang Dicabut Izinnya, Ini Alasannya

Koridor OtomotifKamis, 27 September 2018
images-6

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pencabutan izin penyelenggaraan angkutan pariwisata maupun PO bus pariwisata, bukan yang pertama di Indonesia. Tindakan ini sebelumnya telah diberlakukan sebelum kasus PO yang mengalami kecelakaan baru- baru ini di Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat.

PO Indonesia Indah Wisata sebagai operator bus maut di Cikidang itu,  dinilai lalai dan tidak mempunyai standar keselamatan yang tinggi.

“Padahal, keselamatan atau nyawa manusia harus menjadi prioritas dibandingkan yang lain,” kata Dirjen Hubdat Budi Setiyadi di Jakarta, kemarin.

Alasan pencabutan izin bagi perusahaan yang memiliki 6 armada ini adalah karena sejak 2014 tidak melakukan perpanjangan izin serta KIR sehingga saat kecelakaan terjadi hal ini masuk dalam kategori pelanggaran berat.

Hal ini sedikit berbeda dengan kecelakaan yang terjadi pada 10 Februari lalu di Tanjakan Emen, Kabupaten Subang yaitu kendaraannya saja yang dicabut izinnya, sementara perusahaannya tetap dapat beroperasi.

“Yang mengalami kecelakaan saat itu bus premium dan perusahaannya memenuhi seluruh kewajiban perizinan dan administrasi. Setelah dikordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) hanya bus-nya saja yang dicabut izinnya.”

“Jadi,  bukan perusahaannya, sehingga busnya tidak dapat dioperasionalkan lagi sebagai angkutan pariwisata,” pungkas Syafrin Liputo Kepala Subdirektorat Angkutan Orang Direktorat Angkutan dan Multimoda. (helmi)