Angkasa Pura 2

Pertemukan Para Pihak Terkait, Alvin Lie Berharap Layanan Pada Kaum Difable di Sektor Transportasi Makin Baik

Bandara SDMKamis, 27 September 2018
IMG-20180927-WA0011

TANGERANG (BeritaTrans.com)  – Anggota Ombudsman RI, Alvin Lie, meluncurkan buku ‘Fasilitas dan Pelayanan Angkutan Udara bagi Penumpang Berkebutuhan Khusus’ di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (27/9/2018).

Launching buku ini sekaligus mempertemukan berbagai pihak terkait, mulai operator bandara, maskapai penerbangan warga masyarakat termasuk  komunitas dan wakil atau keluarga difable.

“Dari pertemuan ini,  diharapkan bisa mencari kelemahan dan kekurangam dalam pelayanan kaum difable. Selanjutnya disempurnakan dan ditambah yang kurang, agar semua warga negara termasuk kaum difable bisa mendapatkan hak-haknya sesuai UU,” kata Alvin menjawab pers usai launching bukunya, Kamis.

Harus diakui, masih banyak penyandang difable  yang belum terlayani dengan bai dan benar.  “Masing-masing pihak mengoreksi diri, dan kembali ke tupoksi yang benar menurut UU,” jelas politisi PAN itu lagi.

Saat ini, aku Alvin, masih banyak orang belum bisa membedakan yang disebut penumpang berkebutuhan khusus. Akibatnya pelakuan diskriminatif itu terjadi dan menjadi keprihatinan semua pihak.

Kasus Pernah Terjadi

Sejumlah kasus digambarkan pernah terjadi terkait orang Berkebutuhan khusus dalam penerbangan. Salah satunya, menurut Alvin, dalam bukunya adalah  Dwi Aryani.

Wanita difable itu sempat ditolak ikut terbang  dengan maskapai Etihad Air karena menggunakan kursi roda. Alhasil, Dwi menggugat maskapai asing itu, dan memenangkan gugatannya.

Alvin Lie menyebut, buku ini memberi panduan bagaimana seharusnya penerbangan menyikapi kalangan berkebutuhan khusus.

Peluncuran buku dihadiri Ketua Ombudsman RI, Prof. Amzulian Rifai, Direktur Pelayanan AP II, Ituk Herarindri dan lain-lain.

Hadir pula undangan dari kalangan penyandang kebutuhan khusus. Bahkan, pembicaraan dalam diskusi diterjemahkan dalam bahasa isyarat. (helmi)