Angkasa Pura 2

Tahun 2018-2019 Kemenhub Akan Tambah 3 Kapal Tol Laut

Dermaga Ekonomi & BisnisJumat, 28 September 2018
Kapal-Tol-Laut-553x292

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, untuk tahun 2018 dan 2019, kapal baru tersebut akan difokuskan di 3 (tiga) provinsi yaitu Papua, Maluku dan Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mendukung pendistribusian di wilayah Indonesia Bagian Timur.

“Kapal baru ada di tahun 2018 ini dan 2019 nanti, kapal tersebut akan di tempatkan di 3 (tiga) provinsi  di Indonesia Bagian Timur yaitu Maluku, Papua dan NTT,” kata Menhub Budi Karya di jakarta, kemarin.

Dia menambahkan, pembangunan khususnya untuk Indonesia Bagian Timur di semester kedua 2018 membutuhkan pasokan bahan bangunan khusus semen dalam jumlah besar. Kebutuhan yang sangat meningkat akan dilayani dengan kapal-kapal tol laut.

“Kebutuhan Semen Indonesia akan didistribusikan ke tempat-tempat strategis yang tengah dilakukan pembangunan,” jelas Menhub Budi Karya lagi.

Menhub menjelaskan dukungan dari Kementerian Perhubungan tidak saja melalui lintasan-lintasan yang sudah ditetapkan namun jika ada suatu kebutuhan yang besar di suatu wilayah dan lebih besar dari kapasitas kapal yang telah melayani.

“Ke depan akan diadakan kapal baru untuk pendistribusian dan juga melalui sejumlah kapal perintis yang melintas di pesisir pantai sehingga distribusi merata dan volume menjadi meningkat,”papar Menhub lagi.

“Kementerian Perhubungan tidak saja mendukung dari kegiatan lintasan yang ada, tetapi jika tempat yang dibutuhkan secara khusus dimana volumenya besar kita akan mengadakan kapal baru terutama di Papua,” sebut Menhub.

“Jadi, nanti lintasan mana yang kurang kita tambah bahkan kapal baru kita dedikasikan, selain itu juga ada kapal perintis yang menyusur seluruh pantai di Papua sehingga volumenya meningkat dan distribusinya jadi merata,” ucap Menhub Budi Karya.

“Tol laut ini untuk semua pihak, kita lihat ada suatu eskalasi yang dibutuhkan oleh Semen Indonesia untuk didukung, oleh karenanya kami berikan ruang yang mungkin kita berikan kepada Semen Indonesia, bahkan kita dukung dengan kapal-kapal baru,” tandas Menhub.(helmi)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari