Angkasa Pura 2

Bimtek Pengawas Pemanduan untuk Keselamatan Pelayaran

Dermaga SDMSenin, 1 Oktober 2018
IMG-20181001-WA0088

IMG-20181001-WA0086

SERPONG (BeritaTrans.com) – Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawas Pemanduan kapal menjadi sangat penting dilaksanakan, guna mewujudkan keselamatan pelayaran.

Hal itu disampaikam Direktur Kepelabuhanan Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Muhammad Tohir di sela membuka Bimtek yang diikuti 63 peserta dari berbagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Serpong, Senin (1/10/2018) malam.

“Sebagaimana kita ketahui, pemanduan dilakukan dalam membantu, memberikan saran, dan informasi kepada nakhoda terkait keadaan perairan setempat agar navigasi pelayaran dapat dilaksanakan dengan selamat,” tutur Tohir.

IMG-20181001-WA0085

Tak hanya demi keselamatan pelayaran, kapal, dan kelancaran serta ketertibannya. Pemanduan juga kata dia berfungsi sekaligus untuk perlindungan lingkungan maritim.

Tugas-tugas tersebut merupakan tanggung jawab Otoritas Pelabuhan (OP), KSOP, dan KUPP dengan menyediakan petugas pandu yang mumpuni.

IMG-20181001-WA0093

“Pengawas Pemanduan sangat vital sebagai pelaksana fungsi keselamatan pelayaran, untuk itu dibutuhkan personel yang kompeten dan profesional dalam melaksanakan pengawasan,” papar dia.

Tohir berharap seluruh peserta dapat mengikuti rangkaian Bimtek yang akan diselenggarakan tiga hari ini dengan serius dan bertanggungjawab. Nantinya akan dilanjutkan pada Bimtek tahap II yang akan diselenggarakan akhir Oktober 2018.

“Karena tujuan Bimtek ini untuk meningkatkan pemahaman tugas, tanggung jawab dan peran pengawas pemanduan dalam mewujudkan keselamatan pelayaran,” pungkas dia. (omy)

Foto: Indi Astono (Humas Ditjen Hubla)

loading...