Angkasa Pura 2

ASDP Lalukan Rerouting dan Kerahkan 3 Kapal Untuk Mobilisasi Bantuan ke Palu dan Donggala

Dermaga KoridorRabu, 3 Oktober 2018
IMG-20181003-WA0028

SURABAYA (BeritaTrans.com) – PT ASDP Indonesia Ferry melakukan  rerouting kapal-kapal  yang dioperasikan terutama untuk melayani dan mendistribusikan bantuan kemanusiaan serta relawan ke Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Ada tiga kapal ASDP Indonesia yang disiapkan untuk mengangkut bantuan kemanusiaan dan tim relawan ke Palu dan sekitarnya. Salah satu kapal yang dilakukan reruting adalah KMP Drajat Paciran.

Kapal  berbobot 2.940 GRT itu memuat logistik dan mengangkut tim relawan ke Palu dan sekitarnya. KMP Drajat Paciran secara reguler melayani lintasan Paciran-Bahaur.

Selama masa tanggap darurat Palu dan Donggala Sulteng, kapal tersebut  dipindahkan ke Surabaya untuk memobilisasi  pengiriman bantuan bencana menuju Palu, Sulawesi Tengah.

“Pengoperasoan KMP Drajat Paciran merupakan salah satu layanan pengangkutan bantuan  yang diberikan ASDP untuk membantu korban bencana gempa dan tsunami Palu dan Donggal,” kata Dirut PT ASDP Indonesia Ferry  Ira P9uspadewi melalui siaran pers, Rabu (3/10/2018).

Program ini sejalan dengan arahan Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN dalam inisiasi program BUMN Hadir Untuk Negeri.

Operator transportasi laut, termasuk ASDP Indonesia harus bergerak cepat dalam mendukung mobilisasi pengangkutan bantuan bencana kepada korban gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah.
Ira menambahkan, pihaknya  mengapresiasi para BUMN dan mitra kerja yang secara responsif memanfaatkan layanan pengangkutan dari ASDP dalam memobilisasi bantuan bencana di Sulawesi Tengah.

“Satu bentuk sinergi antarsesama  BUMN yang baik dalam mendukung pemulihan pascagempa bumi dan tsunami yang terjadi,” tutur Ira.

Dengan perkiraan jarak Surabaya – Palu sekitar 625 Nautical Miles (NM), maka diperkirakan waktu tempuh dari Surabaya-Palu mencapai sekitar 55 jam.

Seperti diketahui, ASDP mengelola 29 kantor cabang, dan 35 unit pelabuhan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. BUMN ini mengoperasikan sebanyak 147 unit kapal yang melayani 216 lintasan penyeberangan yang menghubungkan 242 kota/kabupaten di Indonesia.

Adapun lintasan tersibuk yang dilayani saat Angkutan Lebaran ialah Merak-Bakauheni yang menghubungkan pulau Jawa dan Sumatera.(helmi)

loading...