Angkasa Pura 2

Kapal Baruna Jaya Baru 1 Angkut Bantuan Kemanusiaan BUMN INTI dan LEN untuk Palu

Dermaga Ekonomi & Bisnis EnergiKamis, 4 Oktober 2018
IMG-20181004-WA0005

IMG-20181004-WA0006

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Kapal Batuna Jaya Baru 1 angkut bantuan kemanusiaan dari dua Badan Usaha Milik Negara yakni PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) dan PT Len Industri bagi korbn gempa dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah.

Bantuan berupa 300 unit Smart Lighting INTI-LEN (SMILE) merupakan lampu tenaga surya berukuran mini yang diproduksi sebagai hasil kerja sama INTI dan Len ini telah dikirimkan Selasa (2/10/2018).

“Kami berkolaborasi memberikan sesuatu yang memang dibutuhkan masyarakat Palu dan sekitarnya saat ini, yaitu penerangan,” papar Direktur Utama INTI Darman Mappangara di Bandung, Kamis
(4/10/2018).

Pada setiap unitnya, menurut Darman, SMILE dilengkapi tiga buah LED yang setara dengan lampu berdaya 20 Watt yang bisa menyala maksimal hingga 18 jam.

Dengan menyerap sinar matahari dan dikonversi sebagai energi listrik, lampu ini juga memiliki sejumlah spesifikasi yang pas dalam kondisi kekurangan pasokan listrik.

“SMILE menyimpannya sebagai cadangan energi dalam baterai. Hal ini memungkinkan masyarakat Palu
melakukan pengisian baterai alat elektronik, seperti telepon genggam dan laptop, sekaligus mendapatkan penerangan,” ungkapnya.

Bahkan, produk berbobot 2,3 kilogram ini juga dilengkapi dengan radio sehingga masyarakat Palu tetap bisa mendapatkan akses informasi.

“Akses listrik, komunikasi
dengan area luar, serta penerangan adalah poin penting yang jadi perhatian
kami,” imbuh Darman.

Bantuan kemanusiaan yang dikemas dalam 75 boks besar itu dikirimkan melalui Dermaga Ujung Barat, Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara.

Rencananya, bantuan tersebut akan tiba di Pelabuhan Pantoloan, Palu, dalam
waktu kurang lebih enam hari. Setelah sampai, 300 unit SMILE ini akan diserahkan ke Posko Telkom Tanggap Darurat Bencana Palu Donggala, selaku koordinator bantuan kemanusiaan yang ditunjuk Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), untuk didistribusikan ke
masyarakat setempat.

“Ini merupakan wujud nyata INTI dan Len hadir untuk negeri,” pungkasnya. (omy)