Angkasa Pura 2

Ayo, Pakai E-Money Bayar Tiket Bus DAMRI Bandara Soekarno-Hatta

KoridorJumat, 5 Oktober 2018
damri 1 b

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Traveler dapat menggunakan kartu prabayar e-money dari Bank Mandiri untuk membayar tiket bus DAMRI Bandara Soekarno-Hatta.

Direktur Utama Perum DAMRI Setia N Milatia Moemin mengemukakan dengan uang elektronik itu maka pengguna jasa lebih mudah bertransaksi dalam memanfaatkan bus DAMRI Bandara Soekarno-Hatta.

Begitu naik bus, penumpang tinggal tap kartu di vending machine yang terletak di dashboard bus. “Lebih efisien. Tidak perlu pakai uang kontan,” tuturnya kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id, Jumat (5/10/2018).

Dia mengemukakan Perum DAMRI bekerja sama dengan Bank Mandiri sebelumnya meluncurkan program penggunaan uang elektronik, yakni Mandiri e-money untuk pembelian tiket bus DAMRI.

Sinergi ini diharapkan dapat meningkatkan frekuensi dan volume transaksi Mandiri e-money serta mendukung pencapaian Gerakan Nasional Non Tunai.

Kerjasama ini menurutnya sangat strategis karena dapat meningkatkan kemudahan dan kenyamanan masyarakat pengguna moda transportasi bis milik Perum DAMRI.

Sebelumnya Regional Transaction and Consumer Head Bank Mandiri Region II Brian A Nugroho, mengemukakan pada tahap awal, alat pembayaran kartu prabayar e-money ini akan digunakan untuk pembayaran tiket bus DAMRI di wilayah Lampung.

“Kami berharap kerjasama ini akan menuai respon positif dari berbagai pemangku kepentingan karena penggunaan e-money akan meningkatkan efisiensi pembayaran dimana pengguna tidak harus menyiapkan uang tunai dan seluruh transaksi akan tercatat pada sistem,” jelasnya saat peluncuran Mandiri e-money untuk pembayaran tiket bus DAMRI yang juga dihadiri oleh Direktur Komersial Perum DAMRI Tatan Rustandi, Area Manager 1 Perum DAMRI Iskandar dan Area Head Bank Mandiri Lampung Gunawan Edi Sasongko di Kantor Perum DAMRI Lampung, Kamis (9/8/2018) pagi.

Uang-Elektronik-DAMRI-553x393

Ditambahkan oleh SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi, sinergi BUMN antara Bank Mandiri dan DAMRI sebagai pelopor sarana transportasi di Indonesia diharapkan akan semakin kuat untuk menghadapi digitalisasi keuangan.

Kedepan, rencananya pembelian tiket di DAMRI tidak terbatas pada e-money namun juga menggunakan kartu debit maupun kartu kredit untuk mempermudah pembelian tiket.

Sebagai informasi, jumlah kartu Mandiri e-money yang telah beredar secara nasional mencapai 14,9 juta kartu hingga Juni 2018. Adapun frekuensi transaksi Mandiri e-money pada Januari – Mei 2018 tercatat 579 Juta kali dengan nilai Rp 6,3 triliun.

Saat ini, Mandiri e-money menguasai 70 persen pasar uang elektronik di Tanah Air, dengan penggunaan terbesar pada outlet di sektor transportasi (pembayaran tarif tol) dan pembayaran parkir.

Mandiri e-money dapat dengan mudah diperoleh di cabang Bank Mandiri serta mitra merchant seperti gerai retail Indomaret.

Selain untuk transaksi untuk pembelian tiket DAMRI, kini e-money sudah bisa digunakan sebagai alat pembayaran di berbagai titik pembayaran di Lampung, seperti di jaringan retailer Indomaret, Alfamart, ruas tol, dan banyak merchant lainnya.(awe).