Angkasa Pura 2

Erupsi Gunung Soputan Mereda, Kampus BDP Minsel Tetap Waspada

Another News SDMJumat, 5 Oktober 2018
IMG-20181005-WA0001

MINSEL (BeritaTrans.com) -Balai Diklat Pelayaran Minahasa Selatan (BDP Minsel) tetap  siaga  dan siap senantiasa mengantisipasi erupsi Gunung Soputan di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (Sulut).

Erupsi salah satu gunung di Sulut itu relatif bersahabat. “Gunung Soputan kondisi erupsinya semakin menurun sejak dua hari terakhir,” kata Kasubag TU BDP Minsel Capt. Ahmad Hamir menjawab BeritaTrans.com, Jumat (5/10/2018) malam.

Menurutnya Gunung Soputan erupsi pertama kali terjadi kemarin disertai semburan larva. Warga sempat dilarang melakukan aktivitas di radius 4 km  dari puncak Gunung Soputan.

Sejak erupsi pertama, jelas Capt. Ahmad, pihak BDP Minsel melakukan antispasi dengan membagikan masker kepada seluruh pegawai dan taruna untuk menghindari debu vulkanik yang ditimbulkan dari letusan dan erupsi Gunung Soputan.

Keluarga besar BDP Minsel khususnya para taruna dan pasis tetap dilatih dan jaga kesamapataannya. Saat kondisi Gunung Soputan memburuk, dan harus mengambil tindakan cepat mereka sudah siap. Tinggal menunggu komando langsung bergerak.

Pada erupsi pertama terjadi, papar pelaut senior itu, semburan debu vulkanik Soputan sampai ke Kampus BDP Minsel. Pihak kampus pun bertindak cepat dengan menjaga diri dengan memakai masker selama beraktivitas di dalam kampus.

“Namun  (erupsi Soputan) masih dalam taraf  aman sehingga aktivitas perkantoran, pelaksanaan Diklat Keterampilan Pelaut, dan PHST taruna BDP Minsel tetap berjalan normal,” terang Capt. Ahmad.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, menurt Capt Ahmad,  kampus BDP Minsel melakukan dengan  memberikan arah-arahan tentang langkah-langkah yang harus dilakukan jika memang terjadi situasi darurat.

Senua pihak berharap kondisi erupsi Gunung Soputan memakin membaok bahkan berhenti erupsi. “Antisipasi dilakukan dengan ekstra,” sebut pejabat BPSDMP itu.

“Jika sampai  timbul ledakan Gunung Soputan yang efeknya sampai ke BDP Minsel. Kampus pelaut di Sulut ini harus bisa melakukan evakuasi diri dengan baik dan selamat,”  tegas Capt. Ahmad.(helmi)

loading...