Angkasa Pura 2

Terapkan Manajemen Keselamatan, Jumlah Kecelakaan di Pemkab Ciamis Turun

Aksi Polisi Koridor SDMJumat, 5 Oktober 2018
IMG-20181004-WA0062

CIAMIS (BeritaTrans.com) – Kabupaten Ciamis, Jawa Barat tahun 2017 jumlah kasus kecelakaan turun dibandingkan sebelumnya, dari 332 menjadi 322 kasus. “Jumlah itu turun 3% dibandingkan kasus kecelakaan tahun 2016. Ini prestasi yang bagus dan harus dipertahankan,” kata Kepala Dishub Pemkab Ciamis Ir. Nana Supriatna di Ciamis, kemarin.

Atas pertimbangan tersebut, Dishub Jawa Barat memilih Pemkab Ciamis menjadi salah satu dari tiga lokasi Sosialisasi Keselamatan Transportasi dan Pekan Keselamatan Transportasi Tahun 2018 di wilayah Jawa Barat.

Nana menyebutka, Pemkab Ciamis juga telah menerapkan manajemen keselamatan secara konsisten sejak empat tahun terakhir. Implikasinya, kasus kecelakaan dan vatalitasnya di wilayah Pemkab Ciamis bisa dikendalikan bahkan terus menurun.

Sementara, secara nasional kasus kecelakaan lalu lintas masih cukup besar, yaitu 105.000 kejadian per tahun. Sementara, fatalitas dalam kasus kecelaaan menjadi 25.000 orang per tahun, atau rata-rata 3-4 orang meninggal setiap jam,” kata Nana lagi.

Untuk itu, menurut Nana, perlu aksi nyata sekaligus membangbun budaya berkeselamatan termasuk di Pemkab Ciamis. Seluruh lapisan masyarakat terutama pemuda dan pelajar Ciamis harus menjadi agen keselamatan terutama di lingkungan kerja atau sekolah masing-masing.

“Pemuda adalah aset dan pewaris masa depan bangsa. Mereka harus terus belajar dan dijaga jangan sampai menjadi korban sia-sia meninggal di jalan raya. Disinilah perlu membangun budaya keselamatan di dalam hidup ini,” papar nana saat mewakili Bupati Ciamis, Iin Syam Arifin itu.

Menjelang Hari Perhubungan Nasional Tahun 2018, Dishub Pemkab Ciamis telah menggelar berbagai lomba, seperti Pemilihan Pelajar pelopor Transportasi, Pemilih Awak Angkutan Umum Teladan. Dan tentunya kampanye dan sosialisasi keselamatan transportasi dengan melibatkan plejar SMP-SMA/ SMK di wilayah Pemkab Ciamis sebagai audiensnya.(helmi)

loading...