Angkasa Pura 2

Dirjen Hubla Berencana Buka Kegiatan Kampanye Keselamatan Pelayaran 2018 di Kumai

DermagaSenin, 8 Oktober 2018
IMG_20181008_074211

IMG_20181008_080116

KUMAI (beritatrans.com) – Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan R Agus H Purnomo dijadwalkan membuka kegiatan Kampanye Keselamatan Pelayaran 2018 di Pelabuhan Kumai, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, pagi hari ini, Senin (8/18/2018).

Bersamaan dengan kegiatan tersebut, Dirjen Hubla juga akan menyerahkan bantuan sekitar 350 life jacket kepada operator dan awak kapal tradisional, kapal wisata, dan kapal ikan yang beroperasi di perairan Kumai.

“Kami juga akan menyerahkan Sertifikat Pengukuran Kapal dan Sertifikat Keselamatan Kapal kepada kapal-kapal yang telah memenuhi aspek kelaiklautan,” kata Kepala Bagian Humas dan Organisasi Ditjen Hubla Gusrional.

Kegiatan kampanye keselamatan pelayaran di Pelabuhan Kumai ini melibatkan seluruh pemangku kepentingan terkait, seperti pemerintah daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, unsur TNI, unsur Polri, para pelaut Kumai, Dinas Pariwisata, Dinas Kehutanan, PT Pelindo III, ALFI/ILFA, APBMI, INSA, Pelra, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Kelapa Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Capt. Wahyu Prihanto mengatakan, dipilihnya Pelabuhan Kumai sebagai tempat kampanye keselamatan pelayaran karena di pelabuhan ini banyak beroperasi kapal-kapal tradisional yang digunakan untuk mengangkut penumpang.

“Banyak kapal tradisional yang digunakan untuk mengangkut wisatawan, baik wisatawan lokal maupun manca negara, menuju objek wisata Taman Nasional Tanjung Puting,” kata Capt. Wahyu.

Capt. Wahyu mengatakan, kegiatan kampanye keselamatan pelayaran di Pelabuhan Kumai juga dirangkai dengan kegiatan Press Tour para jurnalis yang tergabung dalam Forum Wartawan Perhubungan (Forwarhub) Kementerian Perhubungan.

“Sekitar 43 jurnalis dari media cetak, elektronik, dan online turut meramaikan kegiatan kampanye keselamatan pelayaran ini,” kata Capt. Wahyu.

Rencananya, usai acara yang akan dimulai sekitar pukul 08.00 waktu setempat ini, para jurnalis akan melakukan trip wisata ke Taman Nasional Tanjung Puting. (aliy)