Angkasa Pura 2

Kunjungi Pelabuhan Agats, Irjen Kemenhub Disambut Bupati Asmat dan Wakil Bupati Nduga

Dermaga SDMSelasa, 9 Oktober 2018
IMG-20181009-WA0030

IMG-20181009-WA0034

AGATS (BeritaTrans.com) – Berkunjung ke Pelabuban Agats, Kabupaten Asmat Papua, Irjen Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Dr. Wahju Satrio Utomo disambut Bupati Asmat dan Wakil Bupati Nduga, Papua.

Kedua pejabat Papua itu menyambut dan menemui Irjen Kemenhub dalam kunjungan kerja ke beberapa proyek pembangunan infrastruktur transportasi di Papua, termasuk Pelabuhan Agats Pemkab Asmat.

Tommy, sapaan akrab Irjen  Kemenhub dan staf, datang  Selasa (9/10/2018) didampingi KUPP Agats Husni AT dan seluruh staf. Di tengah kesibukannya memimpin warga Papua, kedua pejabat di Papua itu sempat mengantar kembali rombongan Irjen Kemenhub  ke Bandara Ewer, Asmat.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Asmat dan Wakil Bupati Nduga  berharap pembangunan Pelabuhan Agats bisa dilanjutkan sampai tuntas. Pelabuban Agats ini menjadi urat radi perekonomian warga Kabupaten Asmat dan sekitarnya

“Kita bersyukur, kapal Tol Laut masuk Agats sebulan sekali dengan membawa bahan kebutuhan pokok dan bahan bangunan terutama semen.  Hadirnya kapal Tol Laut ini cukup meredam gejolak harga barang di tingakat konsumen,” sebut Bupati Asmat.

Pada Kesempatan tersebut, Wakil Bupati Nduga  menawarkan kepada Irjen Kemenhub untuk hadir dan melihat langsung Festival Budaya Asmat yang tengah digelar di salah satu sudut kota Agats.

Namun karena keterbatasan waktu serta pesawat yang sudah menunggu,  dengan sangat terpaksa tak bisa dipenuhi. Tommy dan rombongan melanjutkan perjalanan ke objek transportasi lain di Papua.

IMG-20181009-WA0038

Lapangan Selesai 2019

Selama di Agats, Tommy langsung meninjau seluruh bagian Pelabuhan Agats yang tengah dibangun,  termasuk proyek pelabuhan dan dermaga baru serta lapangan  penumpukan. Tommy juga menyapa para pegawai di Pelabuhan Agats agar tetap semangat dan mampu melayani masyarakat dan kapal-kapal Tol Laut.

Hampir semua ruangan KUPP Agats Papua tak luput dari peninjauan pejabat eselon I Kemenhub ini. Berapa jumlah staf, bagaimana kondisi ruangan kerja sampai frekeuensi kapal yang datang semua ditanyakan satu persatu.

KUPP Agats Husni AT melaporkan, sesuai target,   pembangunan pelabuhaan dan perluasan lapangan penumpukan di Pelabuhan Agats akan selesai tahun 2019 mendatang.

IMG-20181009-WA0034

“Target selesai tahun 2019, sehingga kapal-kapal Tol Laut bisa dilayani dengan baik. Selama ini, petikemas yang masuk ke Agats tak bisa dilayani dengan baik karena  belum ada lapangan  penumpukan,” papar Husni.

Namun begitu, Husni menambahkan, progres pembangunan dan perluasan Pelabuhan Agats Papua berjalanan on the track.

“Semua berjalan lancar sesuai target. Kita berharap, pelayanan makin baik dan distribusi logistik ke Papua khususnya Agats Ibukota Pemkab Asmat makin lancar,” tandas Husni.(helmi)

loading...