Angkasa Pura 2

Pelajar Pelopor Keselamatan, Ajang Edukasi Berlalulintas Jalan

KoridorSelasa, 9 Oktober 2018
IMG-20181008-WA0051

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pelajar Pelopor Keselamatan, merupakan ajang edukasi berlalulintas jalan. Digelar secara kontinyu setiap tahunnya secara nasional dan diikuti siswa sekolah menengah atas.

Tujuannya menurut Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi ada enam hal penting yang diharapkan secara berkelanjutan dapat diterapkan.

“Diantaranya meningkatkan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan lalu lintas dan mengurangi risiko akibat kesalahan bererilaku tidak tertib di jalan,” jelas Budi di Jakarta, Senin (8/10/2018) malam.

Membangun kesadaran generasi muda berperilaku tertib di jalan. Misalnya bagi pelajar yang sudah 17 tahun dan memiliki SIM, maka saat berkendara motor, ambil jalur paling kiri.

Tujuan lainnya adalah membangun budaya tertib berlalin sejak dini, menyebarluaskan informasi di kalangan generasi muda melalui lingkungan sekitat, menyelamatkan generasi muda sebagai aset bangsa.

“Terakhir adalah memberikan reward atas prestasi tertib berlalulintas dan kepedulian tinggi terhadap keselelamatan di jalan,” katanya.

Kegiatan ini diharapkan juga dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan terkait keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.

Kemudian, kata dia, mereka mensosialisasikan di sekolah dan memberikan suri tauladan sesuai predikat yang disandangnya.

“Hilangkan ego dan tertiblah berlalulintas untuk keselamatan jalan,” pungkas Budi. (omy)