Angkasa Pura 2

Rel Layang Kota Medan Dibangun Untuk Atasi Kemacetan Lalin

KoridorKamis, 11 Oktober 2018
IMG-20181009-WA0013

IMG-20181009-WA0010

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kemacetan lalu lintas di Kota Medan Sumatera Utara (Sumut) tidak bedanya dengan kota-kota metropolitan lainnya di Indonesia. Macet terjadi hamoir sepanjang aktu dan kerugikan makin besar.

“Buruknya layanan transportasi umum menjadi penyebab utamanya. Warga akhirnya lebih memilih kendaraan pribadi,” kaa Kepala Lab Transportasi Unika Soegijopranoto Semarang Djoko Setijowarno kepada BeritaTrans.com di Jakarta, kemarin.

Disamping itu, lanjut dia,  di pusat Kota Medan terdapat perlintasan sebidang antara jalan raya dan jalan rel yang turut memperparah kondisi kemacetan.

“Oleh karenanya, Pembangunan jalan rel layang sepanjang 10,8 km di Kora Medan diharapkan dapat membantu mengurangi kemacetan di perlintasan sebidang itu,” jelas Djoko.

Bagian rel Ganda

Targetnya,  akhir tahun 2018 sudah bisa beroperasi. Proyek ini merupakan bagian rel ganda Medan-Kualananu sepanjang 27,7 km yang dibangun sejak 2015.

Selain itu di sepanjang lintas ini ada pekerjaan stasiun, yaitu Stasiun Medan, Stasiun Bandar Kalipah, Stasiun  Batang Kuis dan Stasiun. Araskabu

“Jika di Jakarta, proyek ini seperti KA layang Manggarai-Kota. Perlintasan sebidang hilang, dan arus lalu lintas di Kota Medan makin lancar,” tegas Djoko.(helmi)