Angkasa Pura 2

Terminal dan Gudang Barang Bandara Mozes Kiĺangin Sudah Jadi, Tinggal Menunggu x-Ray

Bandara KoridorKamis, 11 Oktober 2018
IMG-20181011-WA0006

IMG-20181011-WA0008

TIMIKA (BeritaTrans.com) – Bandara Mozes Kilangin Timika, Papua akan dilengkapi terminal dan gudang kargo yang baik dan representatif. Arus barang di Bandara Mozes Kilangin cukup besar.

“Bandara Mozes Kilangin akan disiapkan menjadi bagian dari salah satu simpul  tol udara, sebagai kelanjutan tol laut yang sudah beroperasi di Papua,” kata Kepala UPBU Mozes Kilangin Mahendra, saat mendaampingi kunjungan kerja Irken Kemenhub Dr.Wahju Satrio Utomo, ke Bandara Timika, kemarin.

Menurutnya, kapasitas gudang dan terminal ini mencapai 28.000 ton. Jumlah itu termasuk komoditas tol laut yang dikirimkan dengan kapal melalui Pelabuhan Pomako, untuk diterusan ke daerah pegunungan atau daerah pendalaman lainnya di Papua.

“Selama ini, banyak bahan makanan pokk (sembako, serta bahan bangunan khususnya semen banyak diterbangkan dari Timika, ke Ilaga, Nduga, Puncak Jaya dan lainnya,” jelas Mahendara.

Belum Ada X-Ray

Dia menambahkan, bangunan  terminal dan gudang barang di Bandara Mozes Kilangin, sebenarnya sudah selesai. Tapi, belum bisa digunakan atau dioperasikan, karena belum ada e-ray disana. Sesuai tupksinya, kewenangan untuk melakukan tender dan pengadaan barang seperti x-ray adalah di Pemerintah Pusat, yaitu Ditjen Hubud.

Sementara, Irjen Kemenhub WahjuSatrio Utomo berjanji akan segera membantu dan meyampaikan masalah pengadaan x-ray dengan secepatnya.

“Terminal dan gudang ini dibangun dengan dana APBN. Kalau sudah jadi, sebaikya segera dioperasikan, sehingga mamu berkontribusi ke Pemerintah dan negara,” jelas Tommy, sapaan akrab dia.

Dia menambahkan, tahun 2018 ini banya dana sisa anggaran di Ditjen Hubud yang akan dikembalikan ke kas negara.

“Dana itu sebaknya bisa digunakan untuk pembeian x-ray dan dioperasikan di bandara sehingga bisa beroperasi dengan baik aman dan selamat.

Gunakan e-Catalog

“Terminal dan gudang di Bandara Mozes Kilangin, Timika sudah dibangun dan siap dioperasian.Nanti biar saya sampaikan ke Dirjen Hubud untuk bisa diambil tindakan yang tepat,”   tandas Tommy.

Dia menilai kalau pengadaan x-ray seharusnya tidak terlalu sulit. Visa menggunakan e-catalog, bahkan bisa langsung tender untuk mencapai hasil yang terbaik.

“Ini cukup tender, dan siapa yang memenuhi kualifikas teknis, bisa dikut dan barang segera diantasr ke lokasi,” turup Tommy.(helmi)