Angkasa Pura 2

BPTD Jabar Dorong Terminal juga Menjadi Pusat Kegiatan

KoridorJumat, 12 Oktober 2018
IMG-20181012-WA0018

IMG-20181012-WA0017

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah IX Jawa Barat mendorong agar terminal bus tak sekadar menjadi tempat keberangkatan dan ketibaan penumpang saja, namun dapat menjadi pusat kegiatan.

Hal itu ditegaskan melalui surat yang disebarkan kepada seluruh Kepala Terminal Tipe A di Jawa Barat (Jabar).

“Ini dilakukan untuk mengembalikan dan menyemarakkan terminal tipe A, meningkatkan komunikasi dan silaturahim antara pengelola terminal dan masyarakat sekitar terminal,” jelas Kepala BPTD Agung Rahardjo di Bandung, Jumat (12/10/2018).

Selain dengan masyarakat sekitar, menghidupkan terminal kata dia juga dapat dilakukan dengan komunitas. Terpenting, kegiatan yang digelar tidak mengganggu operasional pelayanan terminal dan berjalan dengan lancar.

Kegiatan yang bisa dilaksanakan dituturkannya, antara lain memanfaatkan area terminal untuk pengajian, lahan luas terminal dengan menjadikannya area olah raga seperti futsal, sepak bola, bulu tangkis, dan volly.

“Selanjutnya juga bisa saja dijadikan area untuk latihan bela diri seperti karate, silat, yudo, dan lainnya,” ujar dia.

Dari sisi kesenian, terminal juga bisa menjadi wadah untuk pameran, atraksi tari, drama, dan seni gambar, mewarnai, dan lukis.

Untuk menarik minat para pencinta fotografi atau swapoto, maka terminal juga dapat diramaikan dengan gambar tiga dimensi dan lainnya. Istilah sekarang adalah yang istagramable yang sekaligus juga bagian untuk menarik minat masyarakat menggunakan angkutan umum.

Agung mengapresiasi kegiatan pengajian setiap malam Jumat di terminal tipe A Kertawangunan Kuningan yang sudah mulai berjalan.

“Pengajian dilakukan oleh pegawai dan masyarakat sekitar terminal dan alhamduillah berjalan kontinyu,” pungkasnya. (omy)

loading...