Angkasa Pura 2

Inilah Lima Juara Pelajar Pelopor Keselamatan Transportasi Lalin dan Angkutan Jalan Tahun 2018

Koridor SDMJumat, 12 Oktober 2018
IMG-20181012-WA0013

IMG-20181012-WA0011

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Lima pelajar cerdas, kreatif dan terpilih menjadi juara Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Nasional Tahun 2018.

Lomba ini diselenggaraan oleh Direktorrat Pembina Keselamatan Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat) tahun 2018. Jumlah peserta ada 72 orang, yang merupakan perwakilan dari 27 provinsi di Tanah Air.

Pengumuman disampaikan Darmanintyas, salah satu Tim Juri pada Penutupan Lomba Pelajara Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkuan Jalan tahun 2018 di Jakarta, Jumat (12/10/2018).

Hasil Penilaian Tim Juri, diperoleh  lima peserta yang berhasil meraih nilai terbaik, dan berhak menyabet gelar juara I, II dan III.  Selain itu ada juga kategori Juara Favorit Pria dan Juara Favorit Wanita.

Lomba ini pelajar terbaik  perwakila pelajar terbaik masing-masing provinsi dan ikut seleksi di tingkat nasional.

Mereka, para juara tahun 2018 itu  adalah Qummas Nazid Yustiary,  dari SMA I Demak, Jawa Tengah.

Dummas meriah nilai tertinggi, 83,37 dengan karya tulis, yaitu:  Halilintar , Helm Lalu Lintas Pintar “Solusi Keselamatan Jalan Era Sekarang.”

Juara kedua, diraih oleh  peserta pelajar putri asal SMAN 2 Yogyakarta, atas nama Anindya Rafa Putri, dengan nilai 81,32.

Putri mengangkat karya ilmiah dengan judul “Outomatic Traffic Light Timer Using Arduinomemea2650 And Ultratrasonic Sensor”.

Sedang, juara ketiga diraih oleh peserta asal SMA Santo Paulus Pontianak, Kalimantan Barat, atas nama Jessica Cornelia Ivanny.

Jessica mengangkat karya ilmiah berjudul “Oplet, Layanan Angkot Online Berbasis Mobile Aplication Untuk Menurunkan Angka Kecelakaan Lalu Lintas.”

Karya ini ilmiah ini meraih nilai 80.01  dan berhak meraih juara ketiga.

Sementara, Juara Favorit putra DIRAIH aBDUL wAHID wartabone, dari SMAN 2 Gorontalo.

Selanjutnya, Juara Favorit Putri dimenangkan oleh Devina Medy Fidelia Putri P, asal SMAN 3 Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Para juara berhak menerima penghargaan, berupa piala, piagam penghargaan, replika boneka Zeta serta uang pembinaan dari Ditjen Hubdat.

Selain itu, para pememang juga menerima penghargaan masing-masing satu laptop dari PT Jasa Raharja (Persero).

IMG-20181012-WA0012

Karya Ilmiah Makin Baik

Darmanintyas sebagai wakil im Juri mengatakan,  para peserta lomba karya ilmiah sejak empat tahun silam makin bagus. Mereka (peserta) mampu menyinergikan antara kemajuan iptek dengan pelayanan di bidang transportasi.

“Semua baik, tapi kalau ada yang lebih baik itulah yang kita pilih menjadi juara. Dan juara kali inidiperoleh dari hasil penilaian yang benar-benar objek.”

“Semua Tim Juri sepakat, dan tak ada sanggahan karena hasil karya mereka memang bagus,” tegas Tyas, saaan akrab anggota MTI itu.(helmi)

loading...