Angkasa Pura 2

Hanya Angkutan Umum Massal yang Bisa Hentikan Laju Angkutan Online

Koridor SDMSenin, 15 Oktober 2018
IMG_20181015_133316

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dengan kualitas layanan yang sangat baik dan tarif yang sangat kompetitif, jangankan Peraturan Menteri, Undang Undang sekalipun kupikir tidak akan mampu menghentikan laju transportasi online.

Demikian disampaikan pakar transportasi dan investigator KNKT Achmad Wildan, ATD, MT saat dikonfirmasi BeritaTrans.com di Jakarta, Senin (15/10/2018).

Dikatakan, satu-satunya yang bisa membunuh transportasi online sebagai back bone mobilisasi masyarakat kota hanyalah transportasi massal.

Mereka itu juga transportasi massal yang terintengrasi dan massive serta pedestrianitation yang representatif.

Di negara maju, kata Wildan, transportasi online hanya digunakan untuk kegiatan sosial ataupun captive rider saja. Sementara, back bone perjalanan komuter adalah menggunakan angkutan massal

Di Indonesia khususnya Jakarta membutuhkan angkutan massal yang terintegrasi dengan Park and Ride, serta fasilitas pejalan kaki yang lebar, teduh, kalau perlu seperti di Seoul dibuat sungai.

Singapura, papar Wildan yang juga akademisi STTD itu, juga sama dengan kita negara tropis. Tapi di sana (Singapura) angkutan massalnya sukses.

“Yang pasti satu, hilangkan angkot (paratrans) di dalam kota metropolitan karena itu justru akan membentuk “urban sprawl”, tandas Wildan.(helmi)

loading...