Angkasa Pura 2

Pentingnya Sistem Manajemen Keselamatan Transportasi Darat

KoridorSenin, 15 Oktober 2018
IMG-20181015-WA0018

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Direktur Pembinaan Keselamatan Transportasi Darat Risal Wasal menyatakan pentingnya Sistem Manajemen Keselamatan (SMK) untuk diimplementasikan.

Hal itu disampaikan di sela Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Keselamatan Angkutan Pariwisata di Ancol, Jakarta Utara, Senin (15/10/2018).

SMK bagi angkutan umum pada angkutan umum merupakan bagian dari manajemen perusahaan yang berupa suatu tata kelola keselamatan yang dilakukan secara komprehensif dan terkoordinasi dalam rangka mewujudkan keselamatan dan mengelola risiko kecelakaan.

“Konsep dasar SMK bagiaj dari komit pemerintah untuk meningkatkan keselamatan dan melindungi semua pihak. Baik pengusaha, pekerja, dan pengguna jasa transportasi jalan dari kecelakan yang tidak diinginkan,” kata Risal.

Selanjutnya, tanggung jawab perusahaan angkutan umum memeroleh keuntungan dari masyarakat. Namun kehadiran mereka terkait langsung dengan masalah tanggung jawab keselamatan konsumen.

“Oleh karenanya setiap perusahaan angkutan umum penting untuk memiliki SMK dan hak masyarakat untuk selamat dapat terjamin,” katanya.

SMK transportasi merupakan suatu cara untuk mengelola keselamatan dengan baik dan komprehensif dalam tiap jasa transportasi yang merupakan bagian integral dari manajemen transportasi.

Bagi perusahaan angkutan umum ditambahkannya, dengan implementasi SMK dapat meningkatkan standar keselamatanangkutan umum, menurunkan tingkat kecelakaan serta bahaya yang ditimbulkan.

“Konsep dasar SMK juga berbasis leadership dan akuntabilitas,” pungkasnya. (omy)

loading...