Angkasa Pura 2

KNKT: Hasil Investigasi Penyebab Kecelakaan di Jalan Raya Ada Dua

Koridor SDMKamis, 18 Oktober 2018
IMG-20181018-WA0024

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) kecalakaan di jalan raya sebagian besar penyebabnya dua hal.

“Pertama, pengemudi fatigue dan satunya kurang kompeten,” kata Investigator KNKT yang juga akademisi STTD Achmad Wildan, ATD, MT saat dikonfirmasi BeritaTrans.com di Jakarta, Kamis (18/10/2018).

Dikatakan, meskipun sudah mengemudi selama 10 tahun dan mempunyai SIM sesuai kelas kendaraanya,  namun hal itu bukan ukuran seseorang dinyatakan kompeten.

Masih butuh pengalaman dan kematangan di lapangan dalam mengemudikan kendaraan di jalan raya.  Inilah yang perlu terus dilatih dan dibiasakan oleh seorang pengemudi.

“Kondisi psikologis di  jalan harus bisa  disikapi dengan baik, tidak emosional sekaligus fokua mengemudikan kendaraan di jalan dengan baik dan benar,”  jelas Wildan.

Dia menambahkan, pihak Kakorlantas Polri sendiri sangat tertarik dengan hasil investigasi KNKT itu. “Korlantas akan mengundangku pada kegiatan yang menyangkut itu,”  aku Wildan.

Sebelumnya, Wildan  diundang untuk berbicara soal keselamatan transportasi sebagai investigator KNKT atau akademisi  yang mendalami soal keselamatan. Event tersebut  masing-masing di Aceh, dan  Kaltim.

“Semua mendapat sambutan dan perhatian yang luar biasa baik dari asosiasi pengemudi, Organda, Dishub sampai Polri,” tegas Wildan.(helmi)