Angkasa Pura 2

Transportasi Perkotaan Berbasis Angkutan Umum Massal

KoridorKamis, 18 Oktober 2018
IMG-20181018-WA0023

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sasaran yang diharapkan tercapai dari implementasi Rencana Induk Transportasi Jabodwtbek (RITJ) secara substansial adalah menciptakan sistem transportasi perkotaan yang terintegrasi di seluruh Jabodetabek berbasiskan angkutan umum massal.

“Saat ini terdapat kecenderungan mobilitas masih dominan menggunakan kendaraan pribadi sehingga yang terjadi adalah lebih banyak perpindahan kendaraan daripada perpindahan orang yang menyebabkan kemacetan parah,” kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono dalam Diskusi FMB9 di Jakarta, Kamis (18/10/2018).

Sistem transportasi yang akan diwujudkan nantinya akan lebih banyak memindahkan orang daripada memindahkan kendaraan karena berbasis angkutan umum massal.

Di dalam penjabarannya, jelas Bambang Pri, RITJ secara jelas menggambarkan bagaimana sasaran harus tercapai pada akhir implementasi di tahun 2029. “Dari sisi pergerakan orang disebutkan bahwa 60 % pergerakan orang harus menggunakan angkutan umum massal perkotaan,” kata dia.

Waktu Tempuh Maksimal 1.5 Jam

Sementara itu waktu perjalanan rata-rata menggunakan angkutan umum massal maksimal 1 jam 30 menit dari tempat asal ke tujuan dengan perpindahan moda dalam satu kali perjalanan maksimal 3 kali.

“Untuk itu kecepatan rata-rata kendaraan angkutan umum perkotaan pada jam puncak minimal 30 km/jam,” papar Bambang Pri.

Dari sisi aksesibilitas juga disebutkan bahwa cakupan layanan angkutan umum perkotaan harus mencapai 80% dari panjang jalan dan setiap daerah harus mempunyai jaringan layanan lokal/ pengumpan (feeder) yang diintegrasikan dengan jaringan utama melalui satu simpul transportasi perkotaan.

Simpul transportasi perkotaan itu, menurut Bambang Pri, harus memiliki fasilitas pejalan kaki dan fasilitas parkir pindah moda dengan jarak perpindahan antar moda tidak lebih dari 500 meter.

“Demikian pula akses pejalan kaki ke angkutan umum maksimal 500 meter,” tegas Bambang Pri.(helmi)

loading...