Angkasa Pura 2

KNKT: 10 Kasus Laka Dipicu Oleh Kesalahan Pengemudi

Koridor Otomotif SDMJumat, 19 Oktober 2018
Ahmad Wildan KNKT

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan investigasi 10 kecelakaan lalu lintas selama beberapa bulan terakhir. Lokasinya beragam, terutama di jalur ekstrim dan rawab laka lantas di Tanah Air.

“Kesimpulan akhirnya, semua kecelakaan itu dipicu oleh kesalahan pengemudi dalam memperlakukan kendaraannya,”  kata Investigator KNKT dan akademisi  STTD Bekasi Achmad Wildan, ATD, MT menjawab BeritaTrans.com di Jakarta, Jumat (19/10/2018).

Sementara polisi, dishub, dan media, lanjut dia,  seringkali melihatnya sebagai rem blong. Padahal rem blong adalah akibat dari perlakuan keliru tadi dan bukan penyebabnya.

Putra Tegal itu menyebutkan, ketika kendaraan sedang berjalan, menurut  maka hukum-hukum fisika, mekanika, fluida semua bekerja tanpa terkecuali.

“Kendaraan bermotor sudah didesain dengan memperhitungkan itu semua. Namun, seringkali pengemudi tidak mengerti dan melakukan kesalahan dalam mengemudi,” jelas Wildan.

Impliksinya, sampai melampaui batas kemampuan kendaraan bermotor tersebut. Akibatnya celaka dab dampaknya cukup vatal.

“Contoh paling nyata,, kecelakaan fly over (FO) Kretek dan kecelakaan di Sukabumi yang baru saja terjadi adalah karena pengemudi yang low competency,” tegas Wildan.(helmi)