Angkasa Pura 2

Menhub Minta Mahasiswa Perbanyak Studi Mengenai Transportasi Laut

SDMSabtu, 20 Oktober 2018
IMG-20181020-WA0002

MALANG (BeritaTrans.com) – Pendidikan transportasi saat ini menjadi hal yang penting guna menciptakan insan transportasi berkualitas. Studi makalah kedepannya hendaknya lebih banyak mengangkat tentang sektor transportasi laut.

Demikian disampaikan Menhub Budi Karya Sumadi dalam acara Simposium XXI dan Wisuda Mahasiswa Universitas Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi, Wisuda Program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana Universitas Brawijaya, Malang, Sabtu (20/10/2018).

Dikatakan, “Saya memang jujur tadi ada ketidaksamaan, kalau saya inginnya studi laut yang paling banyak, karena laut itu antah berantah masih banyak sekali case, tapi di sini 75% casenya darat.”

“Ini yang saya minta kepada panitia untuk mengarahkan yang akan datang itu kalau yang laut dan udara kasih insentif ya,” jelas Menhub Budi Karya lagi.

Menhub juga mengungkapkan masih banyak permasalahan yang harus diselesaikan di perhubungan laut. Hingga kini Kementerian Perhubungan belum maksimal mengatasinya.

“Laut itu banyak sekali misterinya. Kita negara yang lautnya banyak jujur kita belum maksimal eksplore itu jadi saya ingin itu. Bahkan, kalau saya ditanya apa dua hal yang menjadi problem yang harus diselesaikan? Pelayaran rakyat, pelayanan masih sederhana, banyak dibutuhkan orang kita belum sampe ke sana nah itu mesti difikirkan,” ungkap Menhub.

Studi Transportasi 10 Universitas

Kementerian Perhubungan targetkan akan ada program studi transportasi di 10 universitas di Indonesia dalam dua tahun mendatang.

“Kalau saat ini baru ada satu program studi di Universitas Pattimura, Ambon, Maluku. Saya sih paling tidak 10 universitas lah ya dalam dua tahun ini,” tukas Menhub.

“Tapi saya khususkan memang luar jawa saya minta yang jawa ini jadi pensupport. Jadi tenaga-tenaga saya ambil dari UB, UGM, UI dan lainnya menjadi bapak angkat untuk membina,” tandas Menhub. (helmi)