Angkasa Pura 2

Akhir November Ditjen Perkeretaapian Resmikan Pengoperasian 6 Stasiun dan 1 Depo

EmplasemenSenin, 22 Oktober 2018
IMG_20181022_184059

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan berencana meresmikan operasional dua proyek utama yang masuk dalam Paket A dan Paket B21, yaitu pengoperasian 6 stasiun baru dan 1 depo, juga double track lintas Stasiun Maja – Rangkas Bitung, Banten.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri dalam paparan pembangunan infrastruktur perkeretaapian di wilayah Kabodetabek – Banten di Jakarta, Senin (22/10/2018).

Hadir pada kesempatan itu Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jqbidetabek – Banten Yusrizal, Direktur Operasi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Subakir, pengamat perkeretaapian Masyarakat Transportasi Indobesia (MTI) Adhitya, Kepala Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, dan para pemangku kepentingan lainnya.

IMG_20181022_184311

“Ada dua proyek cukup besar yang akan kami resmikan operasionalnya pada akhir November 2018 mendatang yaitu proyek yang terkait dengan double double track Manggarai – Cikarang dan double track lintas Stasiun Maja – Rangkasbitung,” kata Zulfikri.

Zulfikri menjelaskan, terkait proyek DDT Manggarai Cikarang akan dioperasikan 5 stasiun hasil modernisasi yaitu Klender, Klender Baru, Buaran, Cakung, dan Kranji. Kemudian operasional DDT antara Stasiun Cakung hingga Jatinegara. Sedangkan satu depo yang siap dioperasikan adalah Depo Cipinang, Jakarta Timur.

IMG_20181022_184626

“Depo Cipinang ini untuk menunjang pelayanan Stasiun Jatinegara yang sebagian sisinya akan dimulai dikerjakan untuk pembangunan line DDT,” katanya.

Sedangkan terkait pengoperasian double track Stasiun Maja – Rangkasbitung termasuk di dalamnya pengoperasian Stasiun Ciruas yang juga hasil modernisasi.

Zulfikri berharap dengan diresmikannya dua proyek tersebut maka pelayanan dan keselamatan angkutan moda kereta api dapat lebih meningkat.

IMG_20181022_195027

Kepala Balai Teknik Wilayah Jakarta dan Banten Yusrizal mengatakan, pengoperasian 5 stasiun lintas Manggarai – Bekasi diyakini dapat mempersingkat waktu perjalanan KRL sekitar 7-8 menit.

“Sebab pemisahan lajur KRL dengan KA jarak jauh sudah dapat dilakukan secara parsial,” kata Yuarizal. (aliy)