Angkasa Pura 2

Laka di Jabar 3 Orang Per Hari, Dirjen Budi: Tugas Kita Bersama Untuk Menurunkan

Aksi Polisi Koridor SDMSenin, 22 Oktober 2018
IMG-20181022-WA0001

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Kementerian  Perhubungan (Kemenhub) terus melakukan kampanye keselamatan jalan. Keselamatan transportasi harus menjadi prioritas  dibandingkan yang lain.

Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat)  Budi Setiyadi  mengatakan, jumlah kecelakaan  di jalan raya harus terus ditekan bahkan dihilangkan sama sekali.

“Korban kecelakaan masih tinggi, tugas kita bersama untuk menurunkannya. Khusus di Jawa Barat, menurut data Polri rata-rata 3 orang meninggal setiap hari karena kecelakaan di jalan,” kata Dirjen Budi di Bandung, kemarin.

Kasus kecelakaan di Jawa Barat termasuk Bandung cukup tinggi. Oleh karenanya, Bandung khususnya Soreang dipilih menjadi tempat sosialisasi keselamatan jalan tahun 2018.

“Dari sosialisasi ini diharapkan  dapat mendidik dan menyadarkan masyarakat pada keselamatan. Keselamatan di jalan harus naik dan lebih baik,” papar Dirjen Budi.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya bersama Dirjen Hubdat Budi Setiyadi dalam talk show di GOR Sibalulungan Bandung kembali  menggelorakan kesadaran masyarakat untuk peduli pada keselamatan.

Targetnya, menurut Menhub korban kecalakaan di jalan raya bisa terus berkurang dan korban meninggal  dunia di jalan juga bisa ditekan semaksimal mungkin.

“Saya tak banyak-banyak,sepeda motor itu turun (sebagai penyebab kematian) menjadi 60% dulu,” kata Menhub.

Jadi Nomor 3

“Penyebab kematiannya kecelakaan jangan di nomor 2 tapi nomor 3 dulu,” kata Menhub Budi Karya menjawab pers.

Dikatakan, kalau setahun bisa turun (angka korban laka itu) sudah cukup banyak sekali.  “Jadi memang awarnessnya kita jaga dengan baik,” jelas Menhub.

Menurut Menhub, keselamatan masih menjadi problem kita. Tercatat dalam hal penyebab kematian, itu nomor dua setelah stroke. “Jadi kami memang secara intensif keliling Indonesia, ke Banjarmasin, Palembang, Riau, Sulsel, Semarang ini sekarang di Bandung,” sebut dia.

“Kita ingin masyarakat mengerti bagaimana keselamatan itu bisa diantisipasi dan sebenarnya sederhana penyelamatannya,” papar Menhub.

“Apa yang sebenarnya bisa kita lakukan,” tanya Menhub. Yaitu, kurangi kecepatan. Mengurangi kecepatan 5% mengurangi resiko 30% kecelakaan. Pakai helm, jangan main gadget.

“Apalagi kecelakaan ini banyak dialami sepeda motor. Jadi, 70% motor penyebab kecelakaan. Sebanyak 70% juga kawula muda,” tandas Menhub.(helmi)