Angkasa Pura 2

Pemerintah akan Perkuat Tol Laut dan Kerja Sama Dengan Swasta

Dermaga KoridorSenin, 22 Oktober 2018
IMG-20181022-WA0005

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menhub Budi Karya Sumadi bertekad akan memperkuat armada kapal tol laut sehingga mampu memperlancar arus distribusi logistik khususnya di daerah Indonesia timur, daerah terluar dan perbatasan NKRI.

“Saat ini, harga barang di Indonesia timur masih relatif tinggi. Kapal tol laut perlu diperkuat, dan ditambah trayeknya sehingga mampu memperlancar arus logistik termasuk di daerah terpencil, perbatasan NKRI,” kata Menhub Budi Karya di Jakarta, Senin (22/10/2018).

Menurutnya, pihaknya berencana untuk memperkuat armada kapal khususnya untuk komoditas tertentu seperti sembako, semen dan komoditas lain yang dibutuhkan rakyat. “Dengan begitu, harga semen di Indonesia timur misalnya, bisa ditekan lebih murah lagi,” jelas Menhub.

Menhub mengakui, saat ini jarga komoditas tertentu di Indonesia timur khususnya masih relatif mahal. Meski diakui, harga barang itu tak semahal sebelum ada trayek kapal laut.

Selain menambahkan kapal tol laut, urai Menhub, pihaknya akan bekerja sama dengan pihak ketiga untuk bersama-sama dan bersinergi guna memperkuat program tol laut di berbagai wilayah di Indonesia.

“Untuk trayek tertentu, bisa dikerjasamakan dengan perusahaan swasta. Dengan begitu, diharapkan ada sinergi yang lebih kuat dan target menekan disparitas harga antarwilayah di Indonesia bisa ditekan.”

“Kehadiran kapal tol laut harus memberikan dampak nyata. Dengan begitu, tidak terlalu memberatkan saudara-saudara kita di Idonesia timur dan daerah terpencil lainnya,” tegas Menhub.(helmi)