Angkasa Pura 2

The Riil Reformer di Kemenhub Adalah Pejabat Level Menengah

SDMSenin, 22 Oktober 2018
IMG-20181022-WA0026

IMG-20181022-WA0010
JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan apresiasi Menhub Budi Karya Sumadi melakukan berbagai upaya melakukan reformasi, perubahan sikap dan perilaku serta pelayanan di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), termasuk dengan menyelenggarakan diklat Reform Leadership Training (RLT) tahun 2018.

“Selamat dan sukses, kalian adalah calon pemimpin Kemenhub di masa depan,” kata Menkeu mengawali paparannya mengenai Change Leadership di depan peserta RLT di Ruang Mataram, Kemenhub Jakarta, Senin (22/10/2018).

Menurutnya, the riil reformer termasuk di Kemenhub ini adalah para pejabat di level menengah seperti kalian peserta RLT di ini. Kalian yang melakukan perencanaan, kerja teknis termasuk melayani masyarakat adalah pejabat di level menengah.

“Berbahagialah kalian orang-orang terpilih yang dipersiapkan bisa memimpin proses reformasi dan perbaikan pelayanan di Kemenhub yang kini dipimpin Bapak Budi Karya Sumadi ini,” kata Menkeu lagi.

Dia menambahkan, 12 tahun silam ia masuk ke Kemenhub dan mulai melakukan reformasi. Saat itu, ia kumpulkan seluruh pejabat eselon I dan minta saran dan masukan, akan dibawa kemana Kemenkeu ke depan?

“Yang pasti, kita harus berbuat untuk membenahi dan melakukan perbaikan di Kemenkue. Citra dan pelayanan Kemenkeu yang dituding serba negatif harus dibalikkan dan semua diawali untuk mengerjakan yang terbaik untuk bangsa dan negara,” jelas Menkeu lagi.

Hilang Stigma Negatif

Memang tidak mudah mereformasi satu kemementerian atau lembaga. Tapi bukan berarti tidak mungkin. “Buktinya, proses reformasi di Kemenkeu bisa dilakukan dan telah melahirkan “Kemenkeu baru” dengan watak dan pelayanan yang terbaik. Pemeo kalau bisa dipersulit mengapa dipermudah dan stigma negatif lainnya kini bisa dihilangkan,” terang mantan Ketua LPEM FE-UI itu.

Untuk melakukan reformasi di Kemenhub, menurut Menkeu, kuncinya dimulai dengan perumusan platform baru, kemudian merumuskan value atau nilai-nilai positif yang hendak diwujudkan melalui reformasi tersebut.

Dari semua itu, dilakukan secara terus menerus dan tersistem dan terencana, akan memunculkan sikap dan perilaku baik yang diharapkan dari rangkaian proses reformasi tadi. “Jika tahapan tersebut bisa dilakukan, maka proses reformasi di Kemenhub akan bisa diwujudkan,” tandas Menkeu.

Putri kelahiran Tanjung Karang, Lampung itu menambahkan, dengan tekad kuat serta didukung SDM yang baik, berkualitas serta integritas tinggi, Menkeu itupun optimis reformasi di Kemenhub akan bisa diwujdukan. “Kelak antara 5-10 tahun mendatang, kalian akan menjadi pemimpin terbaik dan terpercaya di Kemenhub ini,” tegas Menkeu Ani.(helmi)