Angkasa Pura 2

Ini Tantangan dan Isu Strategis Balitbanghub

LitbangSelasa, 23 Oktober 2018
IMG_20181023_095406

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kementerian Perhubungan (Balitbanghub) Sugihardjo menyampaikan bahwa banyak tantangan dan isu trategis yang dapat dikembangkan.

“Diantaranya Megatren dunia 2045 ,di mana akan terjadi tren perubahan teknologi yang didominasi teknologi informasi dan komunikasi, termasuk pada pelayanan transportasi,” jelas Sugihardjo yang akrab disapa Jojo di Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Selanjutnya adalah era generasi milenial dan revolusi industri 4.0 yang dihadapi. Konektivitas, integrasi, dan kapasitas transportasi.

Tantangan lainnya adalah creative financing dalam pembiayaan infrastruktur. Pengembangan transportasi berkelanjutan yang mengutamakan keseimbangan ekonomi, sosial, lingkungan, dan energi.

“Keselamatan dan tingkat pelayanan transportasi juga menjadi isu strategis,” imbuhnya.

Terakhir, kata dia adalah penguatan fungsi organisasi pelaksanaan teknis penelitian dan pengembangan.

Fokus penelitian ditambahkan Jojo, bertumpu pada kajian perencanan transportasi, layanan pemecahan masalah bidang transportasi (klinik transportasi).

“Selanjutnya intervensi teknologi di bidang transportasi, kajian responsif isi strategis transportasi, dan database transportasi,” ujar Jojo.

Dia optimistis Balitbanghub dapat melompat lebih tinggi dan menjadi penyaji yang hebat untuk kemajuan Kemenhub. (omy)