Angkasa Pura 2

Keren, Ini Kontribusi Besar Balitbanghub untuk Kebijakan Kemenhub

LitbangSelasa, 23 Oktober 2018
IMG_20181023_104634

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Keren, Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kementerian Perhubungan (Balitbanghub) telah banyak lho berkontribusi besar untuk kebijakan di Kemenhub.

Mau tahu apa saja diantaranya? Dalam Focus Group Discussion (FGD) “Peran Balitbanghub untuk Transportasi Nasional” disebutkan beberapa kontribusi besarnya.

Kepala Balitbanghub Sugihardjo mengemukakan, kontribusi besar sudah diberikan dari seluruh Puslitbang.

“Dari Puslitbang transportasi udara yakni terkait kajian penyelenggaraan angkutan udara perintis kargo di Papua,” jelas Sugihardjo di Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Selanjutnya pada transportasi jalan dan perkeretaapian diantaranya Studi Kelembagaan BPTJ dan RITJ serta studi penyusunan Standar Pelayanan Umum angkutan kereta api.

Puslitbanghub transportasi laut yakni studi perencanaan rute tol laut, studi grand design transportasi Danau Toba, dan studi optimalisasi program tol laut.

“Kontribusi dari Sekretaris Litbanghub yakni Tatrawil dan Tatralok Indonesia,” ungkapnya.

Terakhir dari Puslitbang antarmoda telah memberikan rekomendasi diantaranya Studi ATTN dan barang, Studi evaluasi PP. 11 tentang angkutan multimoda. Penyusunan standar kompetensi sumber daya manusia (SDM) bidang multimoda.

Integrasi pelayanan penumpang di simpul transportasi Merak. Evaluasi Pedoman kemanfaatan investasi sektor transportasi. Integrasi masterplan kereta api dan pelabuhan di Makassar New Port.

“Saya ingin hasil penelitian itu bisa membumi, percuma saja bila hasilnya bagus tetapi tidak membumi,” ujar Jojo.

Dia mengapresiasi rekomendasi-rekomendasi yang telah disampaikan Balitbanghub dapat bermanfaat bagi sub sektor dan diimplementasikan sebagai kebijakan dan lainnya. (omy)