Angkasa Pura 2

Ditjen Hubla Komit Tingkatkan Layanan Informasi dan Dokumentasi

Dermaga SDMKamis, 25 Oktober 2018
IMG-20181025-WA0091

PALEMBANG (BeritaTrans.com) – Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan komit tingkatkan layanan informasi dan dokumentasi untuk transparansi.

Untuknya, seperti pada tahun-tahun sebelumnya, diselenggarakan Seminar Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dengan tema “Menuju Pelayanan PPID Ditjen Perhhubungan Laut yang Transparan, Objektif dan Prima”.

“Ini dapat menjadi momentum menyatukan langkah para Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana UPT Ditjen Perhubungan dalam upaya peningkatkan pelayanan informasi dan dokumentasi yang berkualitas,” jelas Kepala Distrik Navigasi Kelas I Palembang, Supardi, mewakili Sekretaris Ditjen Perhubungan Laut Arif Toha di Palembang, Kamis (25/10/2018).

Dengan begitu maka dapat mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang transparan, objektif, efektif, dan efisien, serta dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.

Seminar ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang pengelolaan dan pelayanan informasi dan dokumentasi para petugas PPID Pelaksana UPT Ditjen Perhubungan Laut, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik sekaligus sebagai sarana sosialisasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 46 Tahun 2018 tentang Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Kementerian Perhubungan.

“Kita menyadari bahwa lahirnya Undang-Undang KIP telah membuka paradigma baru di Indonesia, yang membuat informasi menjadi semakin terbuka sehingga semakin mendorong pada penyelenggaraan Pemerintahan yang terbuka (open government),” ujarnya.

Setiap badan publik seperti Ditjen Perhubungan Laut dituntut untuk mampu memberikan akses informasi bagi masyarakat luas serta dapat memproses dan menampung permohonan informasi dengan cepat dan tepat sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Sebagai PPID pelaksana, tugas kita tidak berhenti pada pelayanan informasi saja, tetapi yang tak kalah penting adalah penanganan dokumentasi atas informasi yang harus disediakan sehingga akan mempermudah kita dalam mencari dokumen yang dibutuhkan sewaktu-waktu,” kata dia.

Untuk itu pihaknya berharap seluruh jajaran Ditjen Perhubungan Laut mampu meningkatkan pengelolaan dokumentasi yang tertib dan juga mampu meningkatkan kerjasama diantara PPID Pelaksana di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut. (omy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari