Angkasa Pura 2

Dukung Kunjungan Wisatawan ke NTT, ASDP Luncurkan KMP Komodo

Destinasi KoridorSabtu, 27 Oktober 2018
IMG-20181026-WA0010

JAKARTA (BeritaTrans.com) РPT ASDP Indonesia Ferry  akan meluncurkan KMP Komodo, yang akan menjadi moda alternatif bagi masyarakat dan seluruh wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo.

“Rencana kehadiran KMP Komodo di Labuan Bajo didukung oleh Gubernur NTT sebagai alternatif moda transportasi laut ke pulau Komodo dan sekitarnya,” kata Sekretaris Perusahaan ASDP Imelda Alini, kermarin.

Diharapkan,KMP Komodo menjadi bagian dari komunitas penyedia kapal wisata yang telah hadir sebelumnya di Labuan Bajo.

Imelda mengatakan, Pemerintah daerah telah berupaya untuk mengatur seluruh pelaku pariwisata di Labuan Bajo, khususnya angkutan umum di laut agar dapat bersaing dengan sehat dan mendapat manfaat yang adil atas potensi ekonomi dari sektor pariwisata, serta dapat memberikan rasa nyaman bagi para wisatawan.

Tidak hanya Pemprov NTT, Gerakan Peduli Pariwisata Manggarai (GP2M) yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia juga menyambut baik dan mendukung upaya Pemerintah Daerah dan PT ASDP Indonesia
Ferry.

“Mereka komit menyediakan moda transportasi aman, nyaman, dan terjangkau bagi wisatawan domestik maupun internasional yang ingin menikmati keindahan alam di Kepulauan Komodo melalui kehadiran KMP Komodo,” papar Imelda.

529 Kapal Wisata

Data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manggarai Barat  NTT Tahun 2017 mencatat, total kapal wisata di Labuan Bajo berjumlah 529 unit dengan jenis ukuran di bawah dan di atas 7 GT serta jenis kapal diving.

Dari total kapal tersebut, dengan asumsi kapasitas daya tampung masing-masing kapal sebanyak 12 orang penumpang. Potensi penumpang yang dilayani di kawasan pariwisata Labuan Bajo dapat mencapai 6.348 orang.

Dengan kebutuhan yang sangat besar tersebut, kapasitas KMP Komodo hanya dapat mengangkut penumpang (bukan logistik) maksimal 80 orang per trip per hari dengan kecepatan 9 knot.(helmi)

loading...