Angkasa Pura 2

Di RS Polri, Menhub Beri Dukungan Moril Keluarga Korban Jatuhnya Lion Air JT 610

Bandara KokpitTuesday, 30 October 2018

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi Posko DVI (Disaster Victim Identification) di RS Polri Keramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (30/10/2018) petang.

Pada kunjungannya, Menhub bertemu dan menyampaikan rasa duka cita yang mendalam serta memberikan dukungan moril kepada keluarga korban jatuhnya pesawat Lion Air JT610 di perairan Kerawang, kemarin (29/10/2018).

“Secara mendalam duka cita kami sampaikan kepada keluarga korban karenanya saya datang kemari sekaligus memberikan semangat bagi keluarga korban,” kata Menhub.

Dia berharap bahwa proses identifikasi yang dilakukan Polri baik melalui sidik jari maupun melalui DNA dapat berjalan dengan baik.

“Pekerjaan profesional ini penting, karena berikutnya adalah proses bagaimana nanti jika jenazah sudah teridentifikasi dengan baik. tentu ini selanjutnya akan diserahkan kepada keluarga korban secara bertahap,” sebutnya.

Menurut Menhub, tes DNA dan sidik jari ini penting sekali untuk mengetahui kepastian jasad korban.

Menhub juga meminta kepada Lion Air bertanggungjawab penuh untuk memberikan fasilitas yang baik, ramah, dan memberikan komunikasi psikologis bersama Polri agar keluarga korban bisa tetap semangat.

Lebih lanjut dia juga menyampaikan apresiasinya kepada Polri khususnya Rumah Sakit Kepolisian dimana sudah memberikan pelayanan yang sangat baik.

“Saya berterima kasih kepada Polri khususnya Rumah Sakit Kepolisian karena apa yang diberikan layanan oleh Polri sangat detail, santun, interaksi dan menunjukkan ada suatu tanggung jawab. Saya mengapresiasi dan memberi semangat kepada Polri,” tuturnya.

Sebelum berkunjung ke RS Polri Keramat Jati, siang harinya Menhub melakukan pemantauan via udara diduga lokasi jatuhnya pesawat Lion Air JT610 di perairan Tanjung Karawang. Menhub bertolak dari Bandara Halim Perdana Kusumah, Jakarta menggunakan helikopter dan memantau dari udara (overview) sekitar 30 menit.

Usai melakukan overview kemudian Menhub bertolak ke Pelabuhan Tanjung Priok, guna mendampingi Presiden Joko Widodo mendatangi Posko Evakuasi Terpadu Korban Pesawat Lion Air JT 610 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Rombongan Presiden tiba di lokasi sekitar pukul 16.10 Wib. Presiden Jokowi didampingi Menhub langsung memantau barang-barang penumpang dan puing pesawat Lion Air JT 610 yang telah ditemukan oleh Basarnas dan tim evakuasi. (omy)