Angkasa Pura 2

Menhub Pastikan Tim SAR Gabungan Sudah Temukan Black Box Pesawat Lion Air JT610

Hankam Kokpit SDMKamis, 1 November 2018
IMG-20181101-WA0007

IMG-20181101-WA0006

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menhub Budi Karya  Sumadi memastikan black box pesawat naas Lion Air JT610 sudah ditemukan tim SAR Gabungan, Kamis (1/11/2018) siang.

“Tadi tim SAR dari TNI sudah menemukan black box itu dan kini  tengah dibawa ke Crisis Center di JICT II Tanjung Priok,” kata Menhub Budi Karya di Jakarta saat  memberikan update  evakuasi korban kasus Lion Air itu.

Menurutnya, black box yang berisi dua hal yaitu  voice cockpit  recorder  (VCR) dan flight data recorder (FDR). Kotak berwarna orange itu,  selanjutnya  akan diserahkan ke KNKT untuk dibaca dan dilakukan investigasi lebih lanjut.

“Kita percaya dan serahkan  sepenuhnya ke KNKT untuk menginvestigasi  kasus laka Lion Air ini,” jelas Menhub.

Black box menjadi kunci utama untuk mencari penyebab kecelakaan pesawat maut  tersebut. Kecelakaan pesawat udara yang menelan ratusan korban jiwa itu jangan terulang kembali.

“Kita tunggu hasil investigasi dan rekomendasi KNKT terkait kasus Lion Air JT610 guna menghindari kasus itu terulang kembali,” papar Menhub didampingi Plt Dirjen Hubud Pramintohadi itu.

Menhub menambahkan, selama ini KNKT bertindak profesional bekerja dan selalu memberikan rekomendasi yang adil dan terbaik, termasuk untuk Kemenhub sebagai regulator.

Selain Kemenhub, rekomendasi KNKT juga diberikan ke operator, pabrikan dan pihak terkait lainnya.(helmi)

loading...